Kompas.com - 13/05/2013, 09:51 WIB
EditorAsep Candra

TANYA : 

Selamat siang dok. Gigi bungsu saya sebelah kanan atas tumbuh tidak sempurna (miring dan mengenai dinding dalam pipi). Saya merasakan nyeri pada gigi daerah kanan (atas dan bawah) hingga sakit untuk menelan serta demam. Saya belum periksa ke dokter karena masih dalam keadaan hamil 5 bulan. Yang ingin saya tanyakan, bagaimana solusinya? Apa saja risiko apabila gigi bungsu saya dicabut dan tidak dicabut melalui operasi? Apakah hal tersebut berbahaya bagi saraf di daerah tersebut? Terimakasih.

(Titin Rahayu Ningtias, 27,  Bandar Lampung)


JAWAB :

Ibu Titin yang baik,

Sebelumnya, saya jelaskan dulu mengenai kapan gigi geraham bungsu harus diambil melalui operasi (pembedahan), kapan tidak perlu melalui pembedahan.

Tindakan pembedahan gigi geraham bungsu diperlukan ketika pencabutan dengan tang tidak mungkin dilakukan, gagal, atau apabila gigi terpendam.

Sebaliknya, gigi geraham bungsu dapat dilakukan pencabutan tanpa melalui prosedur pembedahan jika posisi giginya tidak terpendam dan mungkin dilakukan pencabutan dengan tang.

Beberapa resiko selama pencabutan gigi geraham bungsu, baik melalui pembedahan atau tidak:

1. Perdarahan
2. Fraktur (patah) pada akar gigi, gigi tetangga, dan kadang-kadang tulang rahang bawah
3. Cedera jaringan lunak
4. Cedera saraf

Anda tidak perlu khawatir mengenai risiko-risiko tersebut. Dokter Gigi sudah terlatih untuk menghindari ataupun mengatasi seluruh risiko tersebut.

Halaman:

Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.