Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/05/2013, 14:32 WIB
Felicitas Harmandini

Editor

T:
Dok, saya mau tanya obat penghilang rasa sakit datang bulan selain kunyit asam itu apa saja? (Renaning Tyas, 18)

J:
Dear Tyas,
Rasa sakit saat datang bulan merupakan nyeri yang terjadi karena adanya kontraksi atau kram pada rahim selama masa menstruasi. Kontraksi ini timbul antara lain karena faktor psikis maupun dipicu oleh zat kimia yang dikenal sebagai prostaglandin. Berat-ringannya nyeri dikaitkan dengan lamanya menstruasi berlangsung, kebiasaan merokok, obesitas, konsumsi alkohol, dan stres.

Ada beberapa cara yang dapat Tyas lakukan untuk membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul seperti:
1. Diet: terutama dengan mengurangi asupan makanan yang tinggi lemak, gula, dan kafein. Perbanyak makanan yang kaya akan:
* Asam lemak omega 3: membantu menekan produksi prostaglandin, sehingga ikut menekan nyeri yang timbul saat menstruasi. Adapun sumber omega 3 banyak ditemui pada ikan tuna, salmon, makarel, sardin, juga flaxseed.
* Kalsium: merupakan mineral yang dihubungkan dengan kesehatan tulang dan gigi. Namun kalsium juga mempunyai peran mengurangi nyeri saat menstruasi, asalkan dikonsumsi setiap hari. Dosis yang dianjurkan antara 500-1200 mg per hari sesuai dengan usia. Untuk mendapatkan sumber kalsium Anda bisa mengonsumsi susu, yoghurt, maupun es krim rendah lemak.
* Magnesium: membantu meningkatkan absorpsi kalsium, sehingga membantu mengurangi rasa nyeri yang timbul. Sumber magnesium terutama terdapat pada sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, dan dedak gandum.
* Vitamin B1: konsumsi setiap hari dengan dosis 100 mg per hari bisa membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.
* Vitamin B6: digunakan tubuh untuk membentuk sel darah merah yang banyak dikeluarkan saat menstruasi. Sumber vitamin B6 banyak dijumpai pada pisang, bayam, biji bunga matahari, alpukat, tomat, dan salmon.
* Biji-bijian, buah dan sayur: kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menekan rasa nyeri saat menstruasi.
* Daun mint dan jahe: memiliki efek membantu mengurangi nyeri yang terjadi

2. Olahraga. Olahraga akan memperbaiki aliran darah yang mengalir ke panggul dan merangsang pelepasan endorfin yang bekerja seperti analgetik sehingga membantu mengurangi nyeri.
3. Relaksasi. Dapat dengan yoga maupun meditasi untuk membuat tubuh lebih relaks sehingga mengurangi kontraksi yang terjadi.
4. Obat-obatan. Penggunaan obat untuk menghilangkan rasa nyeri menstruasi sebaiknya didiskusikan dahulu dengan dokter keluarga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com