Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/06/2013, 14:46 WIB
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Sentuhan pada bayi diketahui dapat menenangkan dan membentuk jalinan kedekatan yang baik dengannya. Bahkan sentuhan dalam bentuk pijatan-pijatan lembut akan memberikan stimulasi yang baik bagi otaknya.

Menurut situs The Baby Website, stimulasi pijatan pada bayi dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh bayi, mengembangkan sistem pernapasan, menstimulasi sistem sirkulasi, dan menyeimbangan sistem saraf anak.

Dokter spesialis anak dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM) dr. Rini Sekartini mengatakan, pijatan merupakan salah satu jenis stimulasi yang penting bagi tumbuh kembang bayi. Pijatan dapat menunjukkan rasa kasih sayang yang membuat bayi menjadi lebih percaya diri.

Rini menjelaskan, agar tumbuh kembang si kecil berjalan optimal, maka dibutuhkan tiga hal utama, yaitu nutrisi, kasih sayang, dan stimulasi. Ketiganya harus diberikan secara 100 persen, tidak ada yang lebih dominan atau lebih kurang.

"Stimulasi dapat diberikan dalam bentuk kata-kata ataupun sentuhan, termasuk memijat," paparnya dalam Seminar Tumbuh Kembang bertajuk 'Mom, How's Your Family?' yang diadakan Laboratorium Klinik Prodia di Jakarta, Sabtu (8/6/2013).

Kendati demikian, memijat bayi harus dilakukan secara hati-hati lantaran tubuh bayi masih belum sekuat tubuh orang dewasa. Prinsip memijat bayi adalah tidak memijat terlalu keras dan menghindari bagian kepala dan hanya memakai gerakan tertentu di bagian usus sesuai dengan anatomi usus besar.

Menurut spesialis anak pegiat pijat bayi dr. Utami Roesli dalam buku "Pedoman Paijat Bayi Prematur dan Bayi Usia 0-3 bulan", cara memijat bayi dikelompokkan berdasarkan kelompok umur. Untuk bayi berusia 0-1 bulan, gerakan yang lebih mendekati usapan-usapan halus. Sebelum tali pusat bayi lepas sebaiknya tidak dilakukan pemijatan di daerah perut. Untuk bayi berusia 1-3 bulan, gerakan halus disertai tekanan ringan dalam waktu yang lebih singkat.

Untuk bayi berusia  3 bulan hingga anak umur 3 tahun, seluruh gerakan dilakukan dengan tekanan dan waktu yang semakin meningkat. Total waktu pemijatan disarankan sekitar 15 menit saja. Pijatan dimulai dari bagian kaki, kemudian perut, dada, tangan, muka, dan diakhiri pada bagian punggung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+