Kompas.com - 24/06/2013, 15:16 WIB
|
EditorAsep Candra


KOMPAS.com — Saat ini tidak sedikit orang yang menghadapi masalah kesehatan karena kadar kolesterol tinggi. Tingginya kadar kolestrol merupakan salah satu penyebab terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Obat berbahan kimia kerap menjadi solusi bagi orang-orang yang ingin menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Namun, efek samping dari obat-obatan berbahan kimia terkadang tidak bisa dihindarkan dan malah menyebabkan gangguan kesehatan lainnya.

Ada cara lain yang lebih aman dan efektif untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Cara ini memiliki efek jangka panjang yang baik untuk mengendalikan kadar kolesterol tubuh Anda, yaitu dengan cara berdiet.

Namun, sebelum mengetahui bagaimana peran diet dalam mengendalikan kadar kolesterol, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu bagaimana kolesterol tersebut terbentuk di dalam tubuh.
Dari mana kolesterol berasal?

Dua sumber utama kolesterol dalam tubuh adalah tubuh itu sendiri dan makanan yang kita konsumsi. Semua hewan dapat menghasilkan kolesterol dalam tubuh mereka dan produk hewani merupakan bagian makanan manusia yang secara alami mengandung kolesterol.

Hati memproduksi kolesterol darah untuk melaksanakan fungsi-fungsi tertentu dalam tubuh. Studi menunjukkan bahwa sekitar 75 persen dari kolesterol dalam tubuh diproduksi oleh hati dan 25 persen lainnya berasal dari makanan yang kita konsumsi.

Kolesterol yang berasal dari makanan disebut dengan kolesterol makanan. Sementara kolesterol darah yang dihasilkan oleh hati merupakan komponen penting yang diperlukan untuk melaksanakan banyak fungsi tubuh. Kadar kolesterol yang berlebih dari makanan yang Anda konsumsi dapat menyebabkan penyakit jantung.

Pentingnya jaga kadar kolesterol

Tidak masalah jika Anda mengonsumsi kolesterol dari makanan, tetapi ketika dikombinasikan dengan lemak yang sangat jenuh, itu akan menjadi masalah. Asupan makanan dengan kolesterol berlemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Ini berarti tubuh mendapat kolesterol tambahan yang mengendap di arteri yang akhirnya membatasi aliran darah normal, membuat arteri tersumbat, dan dapat berakibat menyebabkan stroke.

Oleh karena itu, penting untuk menjaga kadar kolesterol sehat dengan menyeimbangkan diet kolesterol dan lemak jenuh dalam makanan. Menyeimbangkan diet adalah langkah pertama Anda untuk mencapai gaya hidup sehat dan pola makan sehat. Langkah kedua adalah dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran melalui latihan fisik yang teratur.

Menu diet rendah kolesterol

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.