Kompas.com - 27/07/2013, 12:18 WIB
EditorLusia Kus Anna


TANYA:

Dok, saya sedang hamil 34 minggu. Kondisi kehamilan sejauh ini baik dan sehat. Saya berencana memberi ASI eksklusif, tapi saya masih cemas ASI tidak keluar. Ibu saya dan tiga kakak perempuan saya semuanya tidak dapat memberi ASI karena tidak keluar. Apakah itu ada hubungannya dengan faktor keturunan? Apakah benar bayi yang tidak diberi ASI biasanya alergi? Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.
(Wanda, Jakarta)

JAWAB:

Produksi kelenjar untuk memproduksi ASI sebenarnya sudah dimulai sejak kehamilan terjadi. Sering dengan bertambahnya usia kehamilan maka jumlah kelenjar tersebut bertambah, sehingga sebenarnya ibu hamil sudah dipersiapkan sejak awal untuk memproduksi ASI bagi bayinya saat dilahirkan.

Keberhasilan menyusui dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kecukupan nutrisi ibu menyusui, faktor kesiapan mental-psikologis ibu, dukungan dari keluarga dan suami, dan sebagainya. Bila faktor-faktor tersebut terpenuhi secara optimal maka proses menyusui tidak akan bermasalah.

Faktor yang paling penting adalah faktor keyakinan secara psikologis bahwa ibu dapat menyusui bayinya dengan lancar maka produksi ASI akan berlangsung tanpa hambatan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.