Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2013, 10:14 WIB


TANYA:

 
Dokter di kelenjar bartolini saya (setahu saya itu kelenjar bartolini yang satu lokasi dengan tempat keluarnya air seni itu dok?) Sering membesar kalau saya mengkonsumsi makanan ber-MSG.
 
Dulu pernah sampai bernanah dan pecah. Saat itu untuk duduk dan jalan bergesekan pun nyeri. Sekarang tidak ada nyeri tekan tapi jadi lebih sering membesar. Kalau kondisi itu kumat saya menjadi mudah lelah. Dulu pernah berkonsultasi ke dokter katanya saya alergi MSG. Sebenarnya apa penyebab dan cara mengatasinya dok?
Tata (20), Lampung


JAWAB:
Kelenjar bartolin adalah kelenjar yang terletak di daerah vaginal dan berfungsi untuk membuat pelumas di daerah vaginal. Pada keadaan tertentu, mungkin karena daya tahan tubuh yang sedang menurun, terjadi infeksi yang dapat menyumbat kelenjar tersebut dan akhirnya kelenjarnya membengkak.

Untuk itu mungkin perlu di obati atau di operasi kecil. Memang selanjutnya bisa kambuh lagi, maka kebersihan daerah vaginal dan daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan agar tidak terjadi lagi pembengkakkan kelenjar bartolinnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau