Kompas.com - 12/09/2013, 11:47 WIB
|
EditorAsep Candra


MAKASSAR, KOMPAS.com - Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) kembali digelar untuk keempat kalinya. Program kerjasama antara Pepsodent, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), serta Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) ini dibuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis (12/9/2013) dengan kegiatan menyikat gigi bersama yang diikuti 1000 anak sekolah dasar.

BKGN 2013 mengusung tema Berikan Senyum Sehat Anak Anda demi Kesuksesan Masa Depan Mereka. Tahun ini BKGN akan mengunjungi 17 fakultas kedokteran gigi yang tersebar di 13 kota di Indonesia dan 15 cabang PDGI hingga 20 November 2013.

Menurut drg.Ratu Mirah Afifah GCClinDent, tema BKGN tahun ini difokuskan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini, bahkan dari pertama gigi tumbuh.

"Menjaga kondisi gigi susu sama dengan mempersiapkan gigi permanen yang sehat," katanya.

Di setiap fakultas kedokteran gigi, masyarakat dapat memeriksakan giginya secara gratis. Selain itu, terdapat layanan penambalan gigi sederhana, pencabutan tanpa komplikasi gigi sulung atau tetap, pembersihan karang gigi, serta perawatan pencegahan gigi berlubang dengan aplikasi fluoride atau fissure sealant. Seluruh layanan itu gratis.

"BKGN bukan sekedar periksa gigi saja tapi juga pemberian edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat," kata Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PB-PDGI) drg Zaura Rini Anggraeni.

Ditambahkan oleh Prof. Ekky S Soeria Soemantri, drg.Sp.Ort (K), selain dalam program BKGN, setiap tahun secara berkala fakultas gigi dan juga PDGI sudah memiliki program sosial untuk mengedukasi masyarakat.

Kegiatan edukasi dinilai penting karena masyarakat kebanyakan baru ke dokter gigi saat sudah terlambat sehingga datang dalam keadaan gigi sudah tidak bisa dipertahankan sehingga harus dicabut.

Menurut Prof.Mansyur Nasir, Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Hasanuddin, pada pelaksanaan BKGN tahun 2012 di Makassar berhasil menjaring 1.952 orang.

"Perawatan terbanyak adalah pencabutan gigi, penambalan, dan pembersihan karang gigi," katanya.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.