Kompas.com - 16/09/2013, 17:45 WIB
|
EditorAsep Candra

KOMPAS.com - Selain mendapat pengobatan yang adekuat, penderita penyakit jantung juga perlu memiliki optimisme. Pasalnya sebuah studi baru menemukan, optimisme dapat membuat penderita penyakit jantung lebih bahagia, cepat sembuh dari kecacatan, dan panjang umur.

Studi ini melakukan analisa terhadap lebih dari 600 pasien asal Denmark dengan penyakit jantung iskemik atau penyakit arteri koroner. Penyakit tersebut biasanya terjadi saat arteri yang menuju jantung menyempit, menghalangi aliran darah, dan memicu serangan jantung.

Dalam studi yang dipublikasi dalam jurnal Circulation: Cardiovascular Quality and Outcomes ini, para peserta juga diminta untuk menjawab kuesioner yang menanyakan tentang mood mereka. Setelah lima tahun, studi menemukan, peserta dengan optimisme tinggi memiliki risiko kematian 42 lebih rendah daripada mereka dengan optimisme rendah.

Para peneliti mengatakan, hal tersebut juga berlaku untuk kasus perawatan di rumah sakit akibat penyakit jantung. Mereka mencatat, 10 persen dari peserta yang berada pada kelompok optimisme tinggi meninggal. Sementara pada kelompok optimisme rendah, ada 16,5 persen peserta yang meninggal.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia. Dan penyakit jantung iskemik merupakan bentuk penyakit jantung yang paling umum.

Menurut studi tersebut, menjaga optimisme tidak sulit. Cukup dengan berkomitmen untuk berpikir lebih positif, optimisme bisa terus dijaga. Sebaliknya, stres akan meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung.

Sementara itu, penderita penyakit jantung juga perlu rajin melakukan olahraga untuk memperbaiki kesehatan jantung dan aliran darahnya. Ketua studi Dr Susanne Pedersen mengatakan, pengobatan pasien penyakit jantung tidak hanya meningkatkan perilaku positif rehabilitasi kardiak, tetapi juga memastikan pasien melakukan olahraga rutin.

"Keduanya dapat meningkatkan optimisme dan kesehatan yang lebih baik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.