Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tak Alami Nyeri Dada, Wanita Berisiko Salah Diagnosis

Kompas.com - 17/09/2013, 13:43 WIB
Wardah Fazriyati

Penulis

KOMPAS.com — Nyeri dada merupakan gejala umum yang kerap dialami penderita sindrom koroner akut (SKA) atau penderita penyakit jantung koroner, baik pria maupun wanita. Namun, ternyata tidak semua wanita penderita jantung koroner mengalami gejala ini. Kondisi seperti ini bisa mengancam jiwa karena tingginya risiko salah diagnosis.

Menurut Asosiasi Jantung Amerika, sindrom koroner akut terdiri dari beberapa kondisi, seperti angina tak stabil atau angina pectoris, yakni nyeri di dada karena berkurangnya pasokan oksigen ke otot jantung.

Studi terbaru menunjukkan bahwa 80 persen pasien jantung koroner melaporkan gejala nyeri dada. Meski begitu, nyeri dada lebih sering dialami penderita pria. Sementara satu dari lima wanita yang terdiagnosis sindrom koroner akut tidak mengalami nyeri dada.

Lantaran tidak banyak mengalami nyeri dada, studi ini mengungkapkan, wanita penderita SKA berisiko lebih tinggi atas kesalahan diagnosis. Jika ini yang terjadi, wanita berhadapan dengan risiko kematian lebih tinggi.

Meski gejala nyeri dada pada pria dan wanita tak sama, keduanya mengalami gejala lain penyakit jantung koroner, di antaranya tubuh lemas, badan panas, napas lebih pendek, keringat dingin, dan sakit di lengan kiri dan  bahu kiri. Nah, biasanya wanita penderita jantung koroner lebih sering merasakan beberapa gejala ini ketimbang nyeri dada yang lebih banyak dialami pria.

Hasil studi ini berasal dari 1.000 pasien usia 55 tahun dan di bawahnya, yang dilarikan ke rumah sakit karena penyakit jantung koroner. Rata-rata usia pasien adalah 49 tahun, dan 30 persennya wanita.

Mengapa pria dan wanita penderita jantung koroner mengalami gejala yang berbeda? Studi yang diterbitkan secara online di jurnal JAMA Internal Medicine ini belum memberikan penjelasan pasti.

Dalam laporan penelitian, para peneliti menuliskan, "Temuan ini mengindikasikan bahwa nyeri dada merupakan gejala awal yang semestinya langsung dikaitkan dengan diagnosis penyakit jantung koroner. Jadi, bagaimanapun, petugas medis perlu memiliki kecurigaan tinggi pada penderita sindrom koroner akut, terutama pasien berusia muda dan wanita, yang cenderung tidak mengalami nyeri dada."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com