Kompas.com - 20/09/2013, 10:00 WIB
EditorAsep Candra


TANYA :

Dok, di tubuh saya banyak tumbuh rambut berlebihan jika dibandingkan dengan wanita pada umumnya. Di daerah yang pada wanita umumnya tidak berambut, milik saya berambut.

Di kaki saya tumbuh rambut yang cukup lebat., begitu pula di daerah ketiak. Yang membuat saya cemas, di daerah payudara saya juga tumbuh rambut-rambut halus. Tanpa disengaja, saya sebuah membaca artkel yang menyebutkan bahwa wanita dengan pertumbuhan rambut yang berlebihan adalah penderita PCOS (Polycystic Ovary Syndrome).

Namun dalam artikel itu disebutkan bahwa kebanyakan penderita PCOS ini adalah wanita yang memiliki berat badan lebih dan siklus menstruasinya tidak teratur, sedangkan berat badan saya cenderung kurang dan siklus menstruasi saya teratur. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya termasuk penderita PCOS? Jika iya, bagaimana mengobatinya? Terima kasih sebelumnya.

(Aiko, 23, Kediri)

 

JAWAB :

Perempuan yang mengalami pertumbuhan rambut yang tidak normal, berkaitan dengan fungsi hormon testosteron yang berlebihan. Keadaan ini disebabkan oleh gangguan atau penyakit tertentu.

Salah satu gangguan yang sering mengakibatkan pertumbuhan rambut tidak normal pada perempuan ialah PCOS (polycystic ovary syndrome). Pada keadaan ini terjadi tumor pada indung tekur, yang kemudian mempengaruhi produksi hormon testosteron. Tidak selalu perempuan yang mengalami PCOS mengalami kegemukan.

Demikian juga menstruasi pada mulanya tidak langsung terganggu, walaupun pada akhirnya terjadi gangguan. Saya sarankan Anda  berkonsultasi lebih jauh untuk memastikan apa yang sebenarnya Anda alami. Dengan demikian selanjutnya Anda mendapat pengobatan yang tepat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.