Kompas.com - 28/12/2013, 07:51 WIB
|
EditorWardah Fajri
KOMPAS.com - Banyak pakar yang mengatakan, pagi hari merupakan waktu yang tepat untuk berolahraga. Saat ini umumnya udara masih bersih sehingga suplai oksigen ke dalam tubuh juga semakin baik.

Namun ternyata olahraga di pagi hari juga lebih efektif mencegah seseorang melewatkan jadwal olahraga. Berikut adalah tujuh alasan perlunya aktivitas berkeringat menjadi prioritas di pagi hari.

1. Tidak perlu khawatir saat punya jadwal lain di malam hari.
Saat sudah menjalani olahraga di pagi hari, ajakan bersenang-senang yang datang di malam hari tidak akan memusingkan Anda untuk membatalkan olahraga. Bayangkan jika Anda punya jadwal olahraga malam dan  mendapatkan ajakan yang serupa, mana yang akan Anda pilih, olahraga atau bersenang-senang?

2. Mempercepat pembakaran lemak di waktu yang tepat.
"Anda akan memulai hari dengan metabolisme yang meningkat," ujar Monica Nelson, trainer bersertifikat dari American Council on Exercise. Ini artinya, makanan yang dimakan sepanjang hari juga akan lebih cepat terbakar dan tidak menambah timbunan lemak di tubuh.

3. Lebih fokus.
Menurut Nelson, pagi merupakan saat orang paling fokus dan tidak mudah teralihkan perhatian. Selain itu di pagi hari, belum banyak email dan SMS yang masuk sehingga Anda pun lebih fokus dalam berolahraga.

4. Menghindari keramaian.
Saat olahraga dilakukan di awal hari, percayalah Anda akan mendapatkan lingkungan yang lebih sepi. Gym, jalanan, ataupun running track umumnya masih lebih sepi di pagi hari.

5.  Manfaatkan rumah.
Jika butuh waktu banyak untuk pergi ke gym sementara Anda tidak punya waktu banyak di pagi hari, jangan khawatir. Anda masih dapat melakukannya di rumah dengan peralatan seadanya, misalnya dengan dumbell atau bahkan dengan tubuh Anda sendiri.

6. Lebih bersemangat sepanjang hari.
Olahraga akan membangkitkan endorfin yang membuat Anda bersemangat dan merasa bahagia. Inilah yang membuat olahraga di awal hari dapat membangkitkan semangat Anda sepanjang hari.

7. Tidak perlu bangun terlalu pagi.
Alasan klasik untuk melewatkan olahraga pagi adalah rasa malas saat harus bangun lebih pagi. Namun sebenarnya Anda tidak harus bangun sangat pagi, cukup 15 menit lebih awal. Jika Anda hanya punya waktu lima menit olahraga, coba saja latihan high intensity interval training (HIIT) yang hanya membutuhkan waktu singkat, namun dengan intensitas tinggi, maka Anda sudah dapat membakar banyak kalori.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.