Kompas.com - 17/04/2014, 08:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Bercinta saat istri hamil tua memang menjadi salah satu cara untuk mempermudah proses persalinan. Namun sebelum usia kehamilan 37 minggu, sebaiknya ibu hamil tidak dulu terpapar oleh sperma untuk mencegah kontraksi.

Dokter spesialis kebidanan Ardiansjah Dara Sjahruddin mengatakan, sperma merupakan salah satu hal yang dapat meningkatkan produksi oksitoksin dalam tubuh ibu hamil. Padahal peningkatan kadar oksitoksin di dalam tubuh akan memicu terjadinya kontraksi rahim.

"Paparan sperma sebelum usia kehamilan mencukupi untuk persalinan akan meningkatkan risiko kelahiran prematur," jelas Ardi dalam seminar media SOHO #BetterU bertajuk "Peran Oksitoksin pada Induksi Persalinan" di Jakarta, Rabu (16/4/2014).

Tiga puluh tujuh minggu merupakan batas usia kehamilan yang cukup sebelum ibu hamil mengalami kontraksi rahim. Selepas usia kehamilan tersebut, ibu hamil boleh, bahkan disarankan, untuk melakukan hal-hal yang merangsang terjadinya kontraksi.

Namun bukan berarti berhubungan seks sebelum usia kehamilan 37 minggu tidak boleh dilakukan. Menurut Ardi, kegiatan itu bisa dilakukan, asalkan ibu hamil tidak terpapar sperma.

"Caranya antara lain dengan ejakulasi di luar atau menggunakan kondom saat berhubungan seksual," ungkap dokter yang berpraktik di Siloam Hospital Semanggi ini.

Ardi menjelaskan, berhubungan seks merupakan salah satu cara induksi persalinan alami. Induksi diperlukan untuk merangsang rahim berkontraksi agar bayi lebih mudah dikeluarkan saat persalinan. Selain berhubungan seks, induksi persalinan dapat dilakukan pula dengan stimulasi puting dan meningkatkan aktivitas fisik pada ibu hamil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.