Kompas.com - 16/05/2014, 10:09 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -- Menghabiskan 15 jam sehari menggunakan smartphone menyebabkan kanker otak. Peneliti dari University of Bordeaux menemukan hubungannya walau ini masih penelitian awal.

Umumnya manusia menggunakan dua setengah jam per hari untuk berbicara lewat smartphone. Namun, orang sibuk bisa lebih dari itu, bahkan sampai 900 jam secara total.

Peneliti mengambil kesimpulan dari 253 kasus glioma dan 194 kasus meningioma yang ada di Perancis dari 2004 sampai 2006. Dibandingkan dengan yang sehat, yang menderita meningioma dan glioma diketahui terlalu lama menggunakan smartphone. Maka, dicapailah hitungan 15 jam sehari menggunakan ponsel pintar menyebabkan kanker otak.

Penelitian yang rilis di jurnal British Occupational and Environmental Medicine ini tampaknya kembali memicu kontroversi apakah smartphone membuat orang menjadi sakit kanker otak. Namun, peneliti Roger Salamon mengatakan bahwa tidak perlu panik akan hal ini. Sebab, penelitian masih awal dan cukup sulit menentukan level risiko yang ada karena smartphone selalu berubah setiap saat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.