Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/05/2014, 13:37 WIB


TANYA:

 
Saya sudah menikah setahun tapi belum juga hamil. Kami lalu periksa ke dokter dan diminta tes laboratorium. Menurut dokter, saya ada darah kental sehingga sulit hamil. Sebenarnya apa pengaruh kondisi ini dengan kehamilan dok, saya masih belum mengerti. Apa yang harus saya lakukan, perlukah obat-obatan pengencer darah? Terima kasih dok jawabannya.
 
Leoni, Cimahi-Bandung

JAWAB:

Ibu leoni Yth,
Belakangan ini memang banyak ditemui penyakit atau gangguan kekentalan darah yang bisa mengganggu proses kehamilan. Akibat dari kekentalan darah ini pasokan oksigen akan terganggu sehingga sistem reproduksi juga terganggu.

Penyebab pastinya belum diketahui. Tapi aktivitas yang padat, kurang minum, polusi dan radikal bebas, bisa jadi salah satu penyebabnya. Sebaiknya diterapi secara simultan, disamping obat perlu pola hidup sehat ya. Semoga segera hamil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com