Kompas.com - 21/06/2014, 09:08 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Gigi putih berkilau tentu akan membuat senyum makin makin menawan. Sayangnya, kebiasaan konsumsi makanan atau minuman tertentu, seperti kopi atau teh hitam, bisa menghilangkan warna putih alami gigi.

Kendati bisa berubah warna menjadi kecoklatan, bukan berarti tak ada cara untuk kembali mendapatkan gigi yang putih. Saat ini banyak pilihan prosedur pemutihan gigi di klinik, namun ada pula cara yang lebih alami yang memberikan dampak serupa.

Dokter gigi asal Beverly Hills, Harold Katz, mengatakan, makanan-makanan tertentu dapat membantu memutihkan gigi, antara lain cokelat hitam, teh hijau, dan stroberi.

"Dan untuk mendapat hasil yang terbaik, maka makanan-makanan itu perlu dimakan pertama kali setelah bangun tidur di pagi hari. Karena saat itulah plak pada gigi paling menumpuk selama tidur malam," ujarnya.

Berikut penjelasannya, kenapa makanan-makanan itu membantu gigi menjadi lebih putih.

- Cokelat hitam
Makanan ini mengandung teobromin, bubuk pahit yang membantu menguatkan enamel di permukaan gigi. Enamel gigi yang kuat ternyata dapat membantu mencegah perubahan warna gigi. Namun ini hanya berlaku untuk cokelat hitam saja, tidak untuk tipe cokelat lainnya.

- Teh hijau
Teh hijau mengandung tanin yang mencegah perubahan warna gigi. Tanin bekerja dengan menyulitkan bakteri untuk menempel pada gigi. Artinya, tanin juga mengurangi bau napas yang tak sedap.

- Stroberi
Buah satu ini mengandung asam malat yang mampu membersihkan warna kecoklatan pada gigi. Mencampurkan stroberi dengan baking soda dapat menjadi produk pemutih gigi yang alami.

- Keju
Masih sedikit orang yang mengetahui makanan satu ini dapat meningkatkan kadar pH pada mulut sehingga mengurangi keasaman pada mulut. Dengan kata lain, risiko perubahan warna dan erosi gigi pun akan menurun. Kalsium pada keju juga mampu menguatkan gigi.

- Kacang-kacangan, biji-bijian, apel, dan pear
Makanan yang bersifat renyah seperti kacang-kacang, biji-bijian, apel, dan pear mampu membantu mengikis plak dan substansi yang mengubah warna gigi. Tekstur makanan yang kasar juga mampu menguatkan gusi sehingga menurunkan risiko penyakit gusi.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Dailymail

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.