Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/07/2014, 09:09 WIB
Unoviana Kartika

Penulis

KOMPAS.com — Lensa kontak menjadi pilihan banyak orang untuk menggantikan kacamata. Namun, pemakaian lensa kontak perlu dilakukan dengan sangat hati-hati.

Bila tidak, lensa kontak bisa menjadi sarana penyebaran infeksi amuba yang berisiko kebutaan, seperti kasus seorang siswi di Taiwan yang mengalami kebutaan setelah memakai lensa kontak selama enam bulan. Ia mengalami infeksi mata yang jarang dan serius, bahkan merenggut penglihatannya.

Organisme sel tunggal yang disebut amuba menginfeksi bagian terluar dari bola mata gadis itu. Bukan tanpa pemicu, gadis itu memang mengaku tidak melepas dan membersihkan lensa kontaknya selama ia memakainya.

Kasus ini termasuk jarang, tetapi infeksi mata akibat amuba mikroskopik memang dapat terjadi. Menurut pusat pengontrolan dan pencegahan penyakit AS (CDC), kondisi ini dikenal dengan istilah "Acanthamoeba keratitis" dan paling umum terjadi pada orang yang memakai lensa kontak.

Gejala infeksi antara lain nyeri dan kemerahan pada mata serta penglihatan yang kabur. Gejala itu dapat bertahan selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan atau kebutaan jika tidak segera diobati.

Mark Fromer, dokter spesialis mata dari Lenox Hill Hospotal di New York, mengatakan, tidak melepas lensa mata terlalu lama dapat meningkatkan risiko infeksi mata. Ini karena lensa mata menghalangi kornea, bagian transparan paling luar bola mata, untuk mendapatkan cukup oksigen.

"Kornea merupakan organ yang hidup dan bernapas sehingga membutuhkan oksigen. Tanpa oksigen yang cukup, sel kornea dapat rusak dan tidak mampu menghalangi bakteri yang dapat menginfeksi mata," ungkapnya.

Karena risiko tersebutlah, Fromer menegaskan supaya setiap orang yang memakai lensa kontak perlu melepaskan sepanjang malam. Meski Acanthamoeba keratitis jarang terjadi, risikonya cukup tinggi pada orang dengan lensa kontak yang tidak melepasnya terlalu lama. Risiko tersebut juga tinggi pada mereka yang tidak mengganti cairan pembersih lensa kontak secara rutin.

CDC juga mengimbau supaya orang melepas lensa kontak mereka sebelum berenang, mandi, dan aktivitas lainnya yang terdapat kontak mata dengan air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com