Kompas.com - 30/07/2014, 11:45 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Gejala mual muntah pada awal kehamilan atau disebut dengan morning sickness memang membuat tidak nyaman. Selain mengganggu aktivitas, mual dan muntah juga membuat calon ibu khawatir dengan gizi janin.

Meski begitu, jangan berkecil hati karena penelitian menunjukkan sisi positif dari morning sickness. Ibu hamil yang mengalami morning sickness disebutkan merupakan pertanda bayi yang dikandungnya sehat dan kelak lebih pintar.

Penelitian yang melibatkan 850.000 ibu hamil ini juga menunjukkan bahwa ibu yang menderita mual selama hamil lebih sedikit yang mengalami keguguran dibandingkan dengan ibu hamil yang tidak mengalami mual muntah.

Hasil penelitian ini tentu menjadi pelipur lara bagi ibu hamil yang merasa tersiksa dengan mual muntah berulang kali.

Gejala morning sickness terjadi karena peningkatan hormon dalam tubuh. Gejala ini diderita sekitar 85 persen ibu hamil.

Sisi positif dari morning sickness ini terutama akan didapatkan oleh wanita yang hamil pada usia 35 tahun ke atas. Para ahli menyebut hal ini sebagai "efek perlindungan".

Dari semua manfaat positif dari morning sickness, para ahli menggarisbawahi efek kecerdasan yang lebih tinggi, baik dalam bahasa, perilaku, maupun intelegensi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.