Kompas.com - 17/09/2014, 09:07 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Pola makan mempengaruhi hormon pada wanita. Berbeda dengan laki-laki, wanita mengalami menstruasi hingga menopause. Wanita juga lebih sering merasa kembung. Untuk itu wanita perlu menjaga kesehatan tubuh dengan makanan yang sehat.

"Apa yang kita makan akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita," ujar ahli diet Ashley Koff dan juga penulis buku "Recipes for IBS" dan “Mom Energy: A Simple Plan to Live Fully Charged" ini.

Berikut lima makanan yang sebaiknya dihindari wanita.

Soda rendah kalori
Minuman bersoda yang rendah kalori belum tentu menyehatkan. Para wanita berpikir meminum soda diet akan banyak membantu mereka mengurangi berat badan. Nyatanya tidak selalu demikian. Sebuah studi menunjukkan, tidak ada nilai gizi pada soda diet dan justru bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Wanita disarankan konsumsi apel atau selai kacang, dan minum teh sebagai penggantinya.

Permen karet
Hati-hati jika Anda mengonsumsi permen karet bebas gula. Permen tersebut biasanya mengandung bahan kimia. Ketika mengunyah permen karet terlalu lama, tanpa disadari, udara lebih banyak masuk ke perut sehingga membuat kembung.

Daging merah
Berdasarkan hasil studi terbaru di Harvard, mengonsumsi banyak daging merah bisa memuat wanita menjadi gemuk. Yang perlu diwaspadai adalah hormon pertumbuhan yang kerap disuntikkan ke hewan ternak. Makan salmon dan biji-bijian tertentu lebih baik untuk keseimbangan hormon pada wanita.

Yogurt rendah lemak
Yogurt dengan berbagai rasa, meskipun rendah lemak justru nilai gizinya kurang  baik. Berdasarkan studi terbaru 85 persen wanita yang mengosumsi susu rendah lemak lebih berisiko mengalami ketidaksuburan daripada yang konsumsi lebih sedikit.

Suplemen tinggi kalsium
Kalsium memang dibutuhkan untuk kesehatan tulang. Namun, konsumsi secara berlebihan juga tidak baik, apalagi ditambah dengan suplemen yang mengandung kalsium tinggi. Lebih baik Anda mengosumsi makanan yang mengandung kalsium secukupnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.