Kompas.com - 10/10/2014, 11:06 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Rambut yang mulai tipis hingga tampak botak ternyata bisa jadi pertanda ada masalah pada organ reproduksi pria. Menurut sebuah penelitian, pria yang memiliki pola kebotakan yang khas lebih berisiko terkena kanker prostat.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh tim dari National Cancer Institute, pria yang mengalami kebotakan skala menengah pada bagian depan dan juga botak pada mahkota kepala di usia 45 tahun memiliki risiko hingga 39 persen terkena kanker prostat.

Tetapi, perlu diingat bahwa hanya 10 persen responden yang mengalami kebotakan tersebut. Pria yang mengalami kebotakan pada bagian depan kepala risikonya menderita kanker prostat tidak meningkat.

Para peneliti belum mengetahui penjelasan antara kebotakan dan kanker prostat, tetapi mereka menyebut hal itu terkait dengan hormon testosteron dan dihydrostestosteron. Kedua hormon ini memang berperan baik pada kebotakan khas pria atau pun kanker prostat.

"Kebotakan khas pria, yakni rambut yang menipis di bagian depan dan mahkota kepala adalah hasil kumulatif dari paparan testosteron di kulit sepanjang usia," kata Dr Charles Ryan, peneliti.

Penelitian ini dilakukan dengan mengamati 40.000 pria berusia 55 dan 74 tahun. Studi yang dilakukan pada tahun 1993 dan 2001 ini menanyakan pada responden tentang kebotakan yang dialami di usia 45 tahun. Sebanyak 18 persen pria mengalami kebotakan khas pria di usia tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber foxnews

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.