Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2014, 13:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com — Vitamin dapat bermanfaat untuk meningkatkan produksi hormon seks, melancarkan sirkulasi darah, dan menambah energi yang dapat menambah stamina. Namun, vitamin yang dikonsumsi berlebihan juga berbahaya. Berikut ini manfaat dan bahaya vitamin bagi pria.

1. Vitamin A

Pria yang hanya sedikit memproduksi sperma, seperti ditulis dalam buku Sexual Fitness, dapat meningkatkan jumlah spermanya bila mengonsumsi vitamin A dan E yang memadai. Vitamin A, C, dan E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sperma dari efek buruk radikal bebas.

Vitamin A dibutuhkan untuk membentuk hormon seks yang berkaitan dengan produksi sperma. Tetapi, food supplement yang mengandung vitamin A, D, E, dan K bila diminum secara berlebihan dalam jangka panjang akan tertimbun dalam lemak. Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan sakit kepala dan gangguan pada sendi. Bahkan pada tingkat yang sangat berat, kelebihan vitamin A dapat menyebabkan gangguan jiwa.

2. Vitamin B

Vitamin B sangat penting untuk aktivitas enzim dan metabolisme. Vitamin ini berperan dalam produksi testosteron, hormon seks yang membangkitkan libido. Vitamin B6 terdapat di wortel, pisang, telur, madu, kedelai, dan gandum.

Vitamin B kompleks adalah vitamin yang larut dalam air sehingga efek negatifnya lebih kecil, tetapi kelebihan vitamin B dapat menyebabkan mual bila diminum dengan dosis berlebihan. Jangan minum vitamin B6 lebih dari 200 mg per hari. Dosis ini di atas 2.000 mg sehari dapat mengakibatkan kerusakan otak.

3. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan yang sangat hebat. Vitamin ini ada di dalam jeruk, stroberi, bayam, dan sayur-sayuran hijau lainnya, tomat, serta brokoli. Kelebihan vitamin C akan dibuang melalui air seni. Meski demikian, berlebihan mengonsumsi vitamin C membuat kontraksi usus lebih terangsang dan menyebabkan diare.

4. Vitamin D

Jangan makan vitamin D secara berlebihan karena dapat merusak ginjal dan hati. Di Indonesia sebenarnya seseorang tidak perlu menambah konsumsi vitamin D karena di Indonesia cukup banyak sinar matahari. Kulit dapat memproduksi vitamin D bila terkena sinar ultraviolet dari matahari.

5. Vitamin E

Vitamin E sering disebut sebagai vitamin seks karena berperan dalam pembentukan hormon seks. Pria yang kekurangan vitamin E dapat kekurangan gairah seksual. Kelebihan vitamin E dapat meningkatkan tekanan darah, menurut Food and Drug Administration (FDA) Amerika.

Nah, itu tadi beberapa manfaat dan bahaya vitamin bagi pria. Semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+