Kompas.com - 14/01/2015, 19:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Tak sedikit dari kita mengonsumsi minuman berenergi dan bervitamin setiap hari. Padahal manfaatnya belum jelas.

Untuk meneliti kebenaran manfaat sehat dari minuman itu, para ahli dari University of Toronto dan Ryerson University Kanada meneliti bahan dan klaim manfaat sejumlah merek dari supermarket setempat.

Minuman yang diteliti meliputi minuman berenergi, minuman bervitamin, jus dengan tambahan gizi vitamin B6, B12, C dan niasin. "Dengan pengecualian vitamin C, sebagian besar orang dewasa muda sudah memperoleh nutrisi-nutrisi ini sesuai dengan rekomendasi setiap hari," kata peneliti Naomi Dachner.

Ia mengatakan,"Penelitian kami menemukan konsumen hanya mendapat sedikit atau bahkan tak ada manfaat sama sekali dari nutrisi yang ditambahkan dalam minuman. Sebagian produk dipasarkan seolah mereka memberikan manfaat unik tambahan nutrisi untuk konsumen."

Minuman-minuman itu secara khusus menargetkan diri pada orang dewasa muda agar memberi mereka energi, membantu menjadikan pikiran fokus dan mampu begadang sampai larut malam. Tetapi Dachner mengatakan nutrisi minuman itu tidak ditujukan untuk mengatasi kekurangan gizi yang sedang terjadi dalam masyarakat.

Penelitian itu sudah diterbitkan dalam jurnal Applied Physiology, Nutrition and Metabolism. Peneliti mengatakan orang-orang dewasa muda yang disasar oleh produk-produk tersebut sebenarnya sudah mendapatkan nutrisi sesuai dengan rekomendasi harian para ahli gizi.

Para ahli mengatakan perlu diambil langkah-langkah agar konsumen minuman tersebut tidak salah langkah atau pun terpapar muatan gizi tinggi yang tak perlu dan tak memberi manfaat potensial untuk tubuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.