Kompas.com - 19/01/2015, 10:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


JAKARTA, KOMPAS.com - Metode stem cell atau sel punca tak hanya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Sel induk ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kulit yang mengalami penuaan. Seperti diketahui, penuaan membuat makin banyak sel yang rusak.

Konsultan Stem Cell dari Unistem Clinic Karina F Moegni mengatakan, sel punca akan menggantikan sel-sel lama yang telah rusak pada bagian wajah. Dengan sel-sel baru, wajah bisa lebih kencang. Terapi sel punca bisa menjadi pilihan untuk mengencangkan kulit wajah yang menua tanpa operasi plastik estetika. Hal ini tentunya lebih diminati para wanita.

"Orang pengin lebih sehat dan cantik tanpa luka operasi. Stem cell enggak magic membuat wajah sangat  kencang, tapi hasilnya natural," ujar Karina dalam seminar Teknologi
Autologous Stem Cell di Jakarta, Sabtu (17/1/2015).

Tak hanya bagian wajah, bagian leher, dan tangan yang telah terlihat keriput juga bisa terlihat kembali muda. Sel punca diambil dari lemak di bagian sekitar perut pasien. Menurut Karina, pada bagian itulah banyak terdapat sel punca.

Setelah itu, stem cell yang diambil akan disuntikan ke beberapa titik di bagian wajah. Terapi ini menggunakan teknik activated autologous atau mengambil sel dari tubuh pasien itu sendiri. Terapi tersebut juga bisa dilakukan lebih dari satu kali.

"Kalau hasilnya membaik tapi pengin membaik lagi, ya boleh stem cell lagi. Tapi harus dikasih jarak karena sel berkembang 6 bulan," terang Karina.

Sejauh ini, Karina pun sering mendapati pasien diabetes, anak berkebutuhan khusus, hingga osteoartritis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.