Kompas.com - 17/02/2015, 19:15 WIB
|
EditorLusia Kus Anna


KOMPAS.com -
Dokter keluarga di Inggris diminta meresepkan kehidupan seks aktif untuk pasien yang membutuhkan olahraga. Dokter juga perlu merekomendasikan menari atau pun memotong rumput agar cukup olahraga.

Olahraga sering dipandang remeh sebagai obat dewa yang khasiatnya lebih ampuh dari obat. Uang yang dipakai untuk berobat penyakit berat seperti kanker payudara, demensia, penyakit jantung pun bisa dihemat banyak berkat olahraga.

Meskipun demikian, Academy of Medical Royal Colleges menegaskan dokter keluarga tak berhak mengintervensi kehidupan seks pasiennya kendati aktivitas seks juga bisa dikatakan olahraga.

Lembaga dari Inggris itu mengatakan aktivitas sehari-hari sejatinya mengurangi risiko kanker payudara sampai 25 persen, demensia sampai 30 persen, penyakit jantung sampai 40 persen dan patah tulang pinggul sampai 50 persen.Kendati begitu, 56 persen orang Inggris gagal memenuhi saran minimum olahraga 30 menit lima kali seminggu.

Scarlett McNally, konsultan bedah ortopedi dari Eastbourne District General Hospital Sussex menyebutkan bahkan olahraga kecil dapat membuat perbedaan besar. Untuk beberapa jenis penyakit, olahraga itu sama efektifnya dengan obat untuk mengalahkan penyakit. Termasuk untuk menyembuhkan depresi.

"Terlalu banyak pasien membayar mahal biaya patah tulang dan penyakit kronis yang seharusnya bisa dicegah dengan gaya hidup aktif," katanya.

Academy of Medical Royal Colleges yang mewakili 220 ribu dokter di Inggris menyarankan pasien mulai berjalan kaki, naik tangga, jalan-jalan bersama anjing atau berhubungan seks.

"Ini mengenai masyarakat dan dokter yang percaya bahwa upaya kecil akan berarti.Olah raga adalah obat ajaib yang memandang kita langsung ke mata. Terlalu banyak pasien dan dokter yang melupakannya," kata Prof. Dame Sue Bailey, ketua Academy of Medical Royal Colleges.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Daily Mail

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.