Kompas.com - 24/03/2015, 14:00 WIB
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Dok, saya pernah sakit kuning di tahun 1995, dan saat ini dalam kondisi sehat. Tapi kalau sedang kelelahan sering muncul nyeri di bagian liver (bawah tulang rusuk kanan) jika ditekan. Apakah itu ada hubungannya antara kecapekan dan liver. Perlukah rasa nyeri seperti itu diwaspadai. Karena jika saya cukup istirahat biasanya nyerinya akan hilang. Hasil SGOT dan SGPT juga normal. Terima kasih atas penjelasan dokter.
 
Bintang, 39, Depok

JAWAB:

Saudara Bintang di Depok,

Sebelum Saya menjawab pertanyaan saudara. Sedikit akan Saya singgung tentang sakit kuning yang pernah saudara alami pada tahun 1995.

Seperti diketahui sakit kuning banyak penyebabnya, bisa karena gangguan pada hati sendiri, gangguan pada empedu, dan penyakit lain di luar hati.

Kalau melihat sepintas sakit kuning yang saudara alami pada tahun 1995 itu, dan apalagi sekarang Anda sehat-sehat saja, kemungkinan besar yang Anda alami adalah hepatitis A. Saya katakan kemungkinan, karena saudara tidak memberikan data-data yang cukup seperti hasil laboratorium yang mengarah ke diagnosis yang pasti.

Bila memang Anda terjangkit hepatis A waktu itu, maka keluhan yang saudara rasakan sekarang sama sekali tidak kaitannya dengan sakit kuning yang Anda alami pada tahun 1995 itu. Hepatitis A sifatnya sembuh total, tidak pernah menjadi kronis.

Lalu, melihat keluhan nyeri di tulang rusuk kanan saudara, terutama waktu kelelahan, dan nyeri waktu ditekan, kemungkinan hanya gangguan pada tulang atau otot di daerah itu. Dan, biasanya  itu bukan masalah serius. Tapi, kalau Anda ragu dan ingin memastikannya Saya sarankan saudara konsultasi lebih lanjut ke dokter setempat.

Terimakasih

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.