Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Riwayat Sakit Kuning, Bagian Liver Sering Sakit Saat Kelelahan

Kompas.com - 24/03/2015, 14:00 WIB

TANYA:
 
Dok, saya pernah sakit kuning di tahun 1995, dan saat ini dalam kondisi sehat. Tapi kalau sedang kelelahan sering muncul nyeri di bagian liver (bawah tulang rusuk kanan) jika ditekan. Apakah itu ada hubungannya antara kecapekan dan liver. Perlukah rasa nyeri seperti itu diwaspadai. Karena jika saya cukup istirahat biasanya nyerinya akan hilang. Hasil SGOT dan SGPT juga normal. Terima kasih atas penjelasan dokter.
 
Bintang, 39, Depok

JAWAB:

Saudara Bintang di Depok,

Sebelum Saya menjawab pertanyaan saudara. Sedikit akan Saya singgung tentang sakit kuning yang pernah saudara alami pada tahun 1995.

Seperti diketahui sakit kuning banyak penyebabnya, bisa karena gangguan pada hati sendiri, gangguan pada empedu, dan penyakit lain di luar hati.

Kalau melihat sepintas sakit kuning yang saudara alami pada tahun 1995 itu, dan apalagi sekarang Anda sehat-sehat saja, kemungkinan besar yang Anda alami adalah hepatitis A. Saya katakan kemungkinan, karena saudara tidak memberikan data-data yang cukup seperti hasil laboratorium yang mengarah ke diagnosis yang pasti.

Bila memang Anda terjangkit hepatis A waktu itu, maka keluhan yang saudara rasakan sekarang sama sekali tidak kaitannya dengan sakit kuning yang Anda alami pada tahun 1995 itu. Hepatitis A sifatnya sembuh total, tidak pernah menjadi kronis.

Lalu, melihat keluhan nyeri di tulang rusuk kanan saudara, terutama waktu kelelahan, dan nyeri waktu ditekan, kemungkinan hanya gangguan pada tulang atau otot di daerah itu. Dan, biasanya  itu bukan masalah serius. Tapi, kalau Anda ragu dan ingin memastikannya Saya sarankan saudara konsultasi lebih lanjut ke dokter setempat.

Terimakasih

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com