Kompas.com - 27/04/2015, 18:10 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

SINGAPURA, KOMPAS.com - Jumlah penduduk dunia yang berusia di atas 60 tahun atau lansia terus mengalami peningkatan. Di dunia, proporsi penduduk lansia diperkirakan sekitar 22 persen atau 2 miliar jiwa di tahun 2050.

Menurut dr.Chan King Ming, ahli geriatri dari Gleneagles Hospital Singapura, ada banyak faktor yang membuat harapan hidup manusia terus meningkat.  

"Tingkat kebersihan yang baik, sanitasi, nutrisi, deteksi penyakit dini, dan juga pencegahan penyakit melalui vaksinasi, ikut berperan," katanya dalam acara seminar Managing Aging di Singapura (25/4/15).

Jepang merupakan salah satu negara dengan populasi lansia terbanyak di dunia. Di tahun 2011 jumlah lansia di negeri ini sekitar 31 persen, dan diperkirakan melonjak menjadi 42 persen di tahun 2050.

Jepang, khususnya penduduk di Okinawa, adalah contoh hidup bagaimana melewati penuaan dengan baik. Orang-orang di daerah ini banyak yang bisa mencapai 100 tahun.

Mereka bukan cuma panjang umur, tapi juga bisa menghindari atau memperlambat penyakit kronik yang biasa diderita lansia, misalnya penyakit jantung, kanker, Alzheimer, dan sebagainya.

"Orang-orang yang berumur sampai 100 tahun di Okinawa umumnya masih aktif dan sehat. Tingkat obesitas, penyakit jantung, kanker, atau osteoporosis di sini juga sangat rendah," kata Ming.

Penelitian menunjukkan, memang ada faktor genetik yang berperan terhadap panjang pendeknya usia seseorang. Tapi itu bukan satu-satunya faktor.

"Berbagai penelitian menunjukkan, lansia di Okinawa memiliki gaya hidup sangat sehat. Kebanyakan memiliki pembuluh darah yang bersih, tingkat kolesterol dan inflamasi juga rendah," papar Ming.

Pola makan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.