Pilih Telur Kuning Muda atau Kuning Tua?

Kompas.com - 28/04/2015, 12:50 WIB
Ilustrasi. SHUTTERSTOCKIlustrasi.
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Sudah bukan rahasia bahwa telur merupakan salah satu sumber protein yang paling disukai oleh banyak orang. Murah, enak, dan mudah diolah menjadi berbagai macam masakan lezat adalah beberapa alasan mengapa telur disukai.

Akan tetapi meski sudah sering mengonsumsi, tahukah kita mana yang harus dipilih, telur kuning muda atau kuning tua?

Bagian kuning telur sebenarnya dapat menunjukkan kandungan gizinya. Kebanyakan telur saat ini berasal dari ayam-ayam yang hidup di peternakan. Sangat jarang ada telur yang diambil dari ayam-ayam  liar di alam bebas.

Keadaan tersebut membuat warna kuning telur berubah. Telur berwarna kuning muda berasal dari ayam petelur yang hidup dalam kandang sempit sehingga mereka tak bisa bergerak. Ayam-ayam ini tak pernah melihat matahari dan makanannya hanya pakan saja.

Ayam kampung yang hidup di tempat luas dan memakan banyak sayuran akan menghasilkan telur berwarna kuning gelap cenderung jingga. Jenis telur ini mengandung nilai gizi yang lebih tinggi sehingga lebih menyehatkan.

Jadi, mulai sekarang kita sudah tahu pilihan apa yang harus diambil saat memilih telur kuning muda atau kuning tua. Biasanya telur ayam kampung asli akan selalu memiliki bagian kuning yang berwarna cenderung gelap atau mendekati warna jingga.


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X