Kompas.com - 18/05/2015, 12:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Rambut rontok dan kulit keriput biasanya terjadi pada orang tua. Namun, kali ini juga terjadi pada seorang anak berusia 4 tahun, Franco Villavicencio. Bocah laki-laki dari Moreno, Argentina, ini tumbuh dengan fisik seperti orang tua karena menderita penyakit penuaan dini yang sangat langka di dunia.

Seperti kebanyakan anak seusianya, Franco suka menonton film kartun dan bermain dengan saudara-saudaranya. Meski pikirannya tetap muda, fisik dan kesehatannya akan memburuk seperti orang yang sudah tua. Franco seperti terjebak dalam tubuh orang tua.

Dalam bahasa medis, penyakit kelainan genetik ini disebut progeria. Penyakit ini berasal dari bahasa Yunani, yaitu proeros, yang berarti tua sebelum waktunya. Penyakit langka ini melibatkan protein mutan yang disebut progerin yang mempercepat penuaan fisik.

Mulanya, pasien progeria terlihat sehat saat lahir. Namun, saat tahun-tahun pertama kehidupannya mulai menunjukkan tanda-tanda penyakit progeria, seperti pertumbuhan yang lambat, rambut rontok, hingga penuaan kulit.

Anak-anak yang menderita progeria akan memiliki usia tubuh delapan kali lebih tua dari yang seharusnya. Seorang anak berusia 10 tahun yang menderita progeria akan memiliki tampilan fisik seperti seorang berusia 80 tahun.

Anak tersebut pun akan menderita penyakit yang sering kali mengiringi penuaan, seperti artritis dan masalah jantung. Namun, pikiran mereka tetap berusia 10 tahun. Dalam sejumlah kasus, pasien progeria meninggal pada usia rata-rata 13 tahun karena serangan jantung ataupun stroke.

Di seluruh dunia, diketahui hanya ada sekitar 74 kasus progeria. Sebelumnya, juga ada Hayley Okines dari Bexhill yang berhasil bertahan dengan penyakit progeria hingga usia remaja, yaitu 17 tahun.

Penyakit inilah yang disebut telah menginspirasi novel karya F Scott Fitzgeral yang kemudian difilmkan berjudul The Curious Case of Benjamin Button. Film yang dibintangi oleh Brad Pitt itu menceritakan tentang kelahiran anak dengan kondisi fisik tua, tetapi lama-kelamaan menjadi muda atau mengalami pertumbuhan terbalik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.