Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/06/2015, 18:00 WIB
Kontributor Health, Dhorothea

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com — Kanker ternyata menggeser posisi penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu bagi pria di Inggris. Namun, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian paling umum pada wanita.

Proporsi kematian karena kanker sebesar 29 persen, sedangkan kematian disebabkan penyakit jantung terhitung 28 persen. Kematian karena penyakit jantung ini turun lebih dari 40 persen sejak 1960. Pada pria, 32 persen kematian disebabkan kanker, sementara yang disebabkan penyakit jantung turun 29 persen.

Namun, pada wanita, kematian karena penyakit jantung sebanyak 28 persen, sementara kanker sebesar 27 persen. Penyakit jantung itu meliputi penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, penyakit sistem peredaran darah, dan penyakit vaskular lainnya. Penelitian ini menggunakan data nasional terakhir dan laporan statistik penyakit kardiovaskular 2014.

Adam Timmis, dokter dari NIHR Cardiovascular Biomedical Research Unit di Barts Health, London, menggambarkan penurunan kematian karena penyakit jantung ini sebagai kemenangan terbesar sepanjang 50 tahun terakhir bagi kesehatan masyarakat.

"Bila upaya nasional deteksi dini kanker payudara dapat dipadankan dengan perlindungan wanita muda terhadap serangan jantung, maka lebih banyak orang lagi yang mungkin akan terselamatkan," ujarnya.

Selama ini, Inggris memiliki prevalensi rendah pada penyakit kardiovaskular. Prevalensi tertinggi ada di Inggris Utara.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com