Kompas.com - 04/06/2015, 18:00 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com — Kanker ternyata menggeser posisi penyakit jantung sebagai pembunuh nomor satu bagi pria di Inggris. Namun, penyakit jantung masih menjadi penyebab kematian paling umum pada wanita.

Proporsi kematian karena kanker sebesar 29 persen, sedangkan kematian disebabkan penyakit jantung terhitung 28 persen. Kematian karena penyakit jantung ini turun lebih dari 40 persen sejak 1960. Pada pria, 32 persen kematian disebabkan kanker, sementara yang disebabkan penyakit jantung turun 29 persen.

Namun, pada wanita, kematian karena penyakit jantung sebanyak 28 persen, sementara kanker sebesar 27 persen. Penyakit jantung itu meliputi penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi, penyakit sistem peredaran darah, dan penyakit vaskular lainnya. Penelitian ini menggunakan data nasional terakhir dan laporan statistik penyakit kardiovaskular 2014.

Adam Timmis, dokter dari NIHR Cardiovascular Biomedical Research Unit di Barts Health, London, menggambarkan penurunan kematian karena penyakit jantung ini sebagai kemenangan terbesar sepanjang 50 tahun terakhir bagi kesehatan masyarakat.

"Bila upaya nasional deteksi dini kanker payudara dapat dipadankan dengan perlindungan wanita muda terhadap serangan jantung, maka lebih banyak orang lagi yang mungkin akan terselamatkan," ujarnya.

Selama ini, Inggris memiliki prevalensi rendah pada penyakit kardiovaskular. Prevalensi tertinggi ada di Inggris Utara.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.