Kompas.com - 22/06/2015, 19:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com – Selama sebulan penuh atau 30 hari, umat muslim menjalankan ibadah puasa. Lebih dari sekedar menjalankan ibadah di bulan Ramadhan, puasa ternyata bermanfaat bagi kesehatan.

Valter Longo, peneliti utama dari University of Southern California seperti dikutip dari Dailymail.co.uk mengungkapkan, pengurangan asupan kalori yang terjadi saat berpuasa dalam waktu lima hari saja dapat memperlambat proses penuaan atau membuat seseorang awet muda. Selain itu, dapat menurunkan berbagai risiko penyakit seperti diabetes, jantung dan kanker dibanding mereka yang tidak berpuasa.

Dengan menurunkan risiko penyakit tersebut, peneliti mengklaim bahwa manfaat puasa pun secara tidak langsung dapat memperpanjang hidup seseorang.

Dalam penelitian ini, dilakukan diet dengan meniru metode puasa pada 19 responden dengan mengurangi 34-54 persen kalori selama lima hari dan diulang pada dua bulan berikutnya. Sementara itu, responden tetap melakuan diet normal pada sisa 25 hari. Hasilnya, selama 3 bulan, kadar gula darah turun 10 persen pada saat puasa.

Selain itu, kandungan zat kimia IGF1 yang berkaitan dengan penyakit penuaan pada manusia berkurang hingga 24 persen. Menurut peneliti, manfaat tersebut akan tetap didapatkan meski mereka kembali ke diet normal.

Manfaat puasa bagi kesehatan pun diungkapkan para pakar gizi di Indonesia. Dokter Spesialis Gizi Klinik Saptawati Bardosono mengatakan, puasa dapat menstabilkan kadar gula darah sehingga menurunkan risiko diabetes.

“Puasa bermanfaat untuk menstabilkan metabolisme tubuh agar dalam konsisi normal seperti kadar gula darah, lemak darah, dan lainnya dengan jadwal makan teratur,” ujar Saptawati.

Demikian pula dikatakan dokter Spesialis GIzi Klini Tirta Prawita Sari. Namun, menurun Tirta, manfaat berpuasa bagi kesehatan akan diperoleh jika konsumsi menu sahur dan berbuka dengan gizi seimbang. Sering kali orang yang berpuasa, berbuka dengan santapan berlebih sehingga justru dapat menaikkan kadar gula darah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.