Kompas.com - 24/06/2015, 10:00 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorLusia Kus Anna

TANYA:
 
Salam dok, Saya mengalami gangguan cemas dan panik yang berlebihan jika saya berada di situasi yang tidak bisa bebas seperti dalam pesawat, kapal laut, mobil tumpangan atau dalam suatu acara resmi yang tidak bisa bebas keluar seperti acara wisuda atau seminar, maka saya akan panik dan cemas sehingga membuat badan saya keringat dingin dan mual seperti mau muntah.
 
Hal ini sangat mengganggu saya sehingga saya selalu berusaha untuk menghindari perjalanan jauh atau malah naik mobil numpang sama teman takut saya muntah dan malu sama orang lain. Apa yang harus saya lakukan untuk mengobati kepanikan saya dok?? mohon jawabannya. Salam hormat saya.
 
Awal Saputra (26), Makasar

JAWAB:

Pak Awal yang baik,
Apa yang dialami oleh Anda adalah suatu hal yang banyak dialami oleh pasien-pasien gangguan cemas pada umumnya khususnya pasien dengan gangguan cemas panik. Kekhawatiran tidak bisa lepas atau bebas dari kondisi di dalam kungkungan itu yang membuat pasien menjadi kesulitan untuk mengendalikan pikiran-pikiran kecemasannya.

Biasanya masalah ini juga dikaitkan dengan adanya serangan panik berulang yang tidak dipicu oleh suatu kondisi tertentu. Jadi selain takut berada di ruangan tertutup juga ada ketakutan akan mati atau mengalami serangan jantung ketika serangan panik terjadi.

Kasus ini merupakan kasus yang biasa sehingga penanganan sangat mampu menghasilkan perbaikan yang signifikan. Ada baiknya segera berkonsultasi ke psikiater. Semoga membantu.

Salam Sehat Jiwa


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X