Kompas.com - 01/07/2015, 08:09 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

 

KOMPAS.com – Kavita Kumairi, gadis berusia 15 asal India ini memiliki kebiasaan langka, yaitu suka makan rambutnya sendiri. Bahkan, akibat kecanduan makan rambut, Kavita juga memakan beberapa helai rambut yang ditemukan di lantai rumahnya dan suka mencabut rambut teman-teman sekelasnya di sekolah, kemudian memakannya.

Kebiasaan makan rambut membuat Kavita tak mau makan seperti biasa. Ia juga muntah setiap kali dipaksa makan dan mengeluh perutnya sangat sakit.

Orangtua Kavita pun merasa bingung ketika perut putri mereka terlihat membesar. Kavita dibawa ke dokter dan diberi obat-obatan untuk menghilangkan nyeri serta pembengkakan di perutnya. Namun, kondisinya tak membaik.

Ayahnya, Bechan Ram (34) yang merupakan seorang petani, akhirnya membawa Kavita kembali ke rumah sakit. Di Rumah Sakit Khusus Multi Siddharth dan Pusat Penelitian di Uttar Pradesh, India, dokter menemukan ada sesuatu yang besar dalam perut Kavita.

Hasil CT scan menunjukkan, dalam perut Kavita ternyata terdapat gumpalan rambut sepanjang sekitar 1,5 meter. Gumpalan rambut yang padat itu biasa dikenal dengan sebutan hairball. Dokter kemudian mendiagnosa Kavita terkena Sindrom Rapunzel, yaitu kondisi langka di mana hairball ditemukan dalam perut karena kebiasaan makan rambut.

“Dia datang ke kami dengan keluhan rasa sakit yang hebat pada perutnya. Kondisinya sangat serius, kurang gizi dan sangat lemah. Dia nyaris tidak bisa berdiri sendiri," ujar ahli bedah gastro dan laproscopic, Lal Bahadur Sidharth.

Sindrom Rapunzel merupakan bagian dari gangguan trikotilomania, yaitu kondisi psikologis di mana seseorang memiliki dorongan yang kuat untuk makan rambut.

Tim dokter kemudian berusaha mengambil gulungan rambut tersebut dalam perut Kavita. Dokter pun terkejut melihat adanya gulungan rambut sebesar itu. Tak terbayangkan, berapa banyak rambut yang telah ditelan Kavita.

"Saya tidak berharap hairball menjadi sebesar ini. Saya belum pernah melihat yang seperti itu sebelumnya,” kata dokter Bahadur.

Operasi hairball pada perut Kavita pun berlangsung lancar. Setelah menjalani operasi pengangkatan hairball, Kavita berangsur pulih. Dokter akan berusaha membuat Kavita bisa makan lagi. Selain itu, Kavita juga akan menerima bimbingan konseling terkait kondisi psikologisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber Dailymail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.