Kompas.com - 30/07/2015, 18:19 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Kesemutan mungkin pernah dialami semua orang dan tidak dianggap sebagai sesuatu hal yang perlu dikhawatirkan. Ini karena biasanya rasa kesemutan muncul karena terlalu lama duduk bersila dan kesemutan akan hilang dengan sendirinya jika kaki diluruskan. Hal itu memang terjadi karena tekanan pembuluh darah saat duduk.

Namun, jika kesemutan sering terjadi dan tanpa sebab yang jelas, Anda perlu waspada. Kesemutan seperti itu bisa jadi tanda adanya masalah serius pada pembuluh darah. Salah satunya penyakit arteri perifer atau peripheral arteri disease.

"Arteri perifer biasanya tahap awal gejalanya, kakinya dingin, sering kesemutan, berjalan kaki sakit," ujar dokter Spesialis Bedah Vaskular dan Endovaskular Alexander Jayadi Utama di Rumah Sakit Premier Bintaro, Tangerang Selatan, Kamis (30/7/2015).

Alex menjelaskan, arteri perifer merupakan penyakit penyumbatan pembuluh darah di kaki akibat adanya plak lemak. Sering kali penyakit ini tak terdeteksi sejak awal karena tak disadari penderitanya.

"Biasanya pasien datang terlambat. Jari-jari kaki sudah menghitam, mengerut seperti mumi. Itu komplikasi dari penyumbatan pembuluh darah perifer di kaki," terang Alex.

Penyakit ini rentan terjadi pada pasien diabetes. Jika kaki sudah menghitam, pasien pun tidak merasa sakit karena gangguan saraf perifer.

Dokter Spesialis Bedah Vaskular dan Endovaskular Suhartono menambahkan, kaki menghitam juga akan disertai luka kering berbau busuk karena kematian jaringan. Menurut Suhartono, sering pasien mengira luka timbul karena digigit serangga atau terbentur benda keras. Dalam kasus yang parah, penyakit ini bisa menyebabkan kaki pasien harus diamputasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.