Kompas.com - 08/08/2015, 13:15 WIB
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com - Harapan Anda untuk menurunkan berat badan tak akan tercapai jika kegiatan olahraga tak masuk dalam daftar cara mencapainya. Namun, berapa lama durasi olahraga yang tepat agar berat badan cepat turun?

Untuk menjaga kesehatan kita dianjurkan melakukan olahraga aerobik (berjalan, berlari, bersepeda, berenang, dan sebagainya) setidaknya 5 kali dalam seminggu dengan masing-masing sesi minimal 30 menit. Targetnya adalah 150 menit dalam 7 hari.

Jika tujuannya untuk menurunkan berat badan, dalam studi terbaru diungkapkan Anda butuh waktu dua kali lipat dari rekomendasi tersebut. Dengan kata lain, Anda perlu berolahraga 300 menit seminggu.

Penelitian yang dilakukan pada wanita yang menopause (berat badan wanita menopause memang cenderung bertambah), diketahui mereka yang berolahraga 300 menit seminggu secara rutin dalam setahun, mengalami penurunan berat badan lemak tubuh. Bukan hanya itu, lingkar pinggang mereka juga berkurang.

Ikut berkurangnya lemak tubuh adalah hal yang penting. Ini karena lemak tubuh menjadi salah satu faktor kanker payudara dan penyakit kronik. Beberapa studi sebelumnya juga menyatakan menurunkan lemak tubuh membantu mencegah kanker kolon dan endometrial, diabetes, dan penyakit jantung.

Sudah siap dengan tantangan 300 menit seminggu? Untuk menambah motivasi, berolahragalah dengan teman atau melakukan variasi olahraga yang ada di pusat kebugaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.