Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yang Terjadi Saat Dengar Musik Sambil Berolahraga

Kompas.com - 11/08/2015, 14:04 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Dailymail

 

KOMPAS.com – Mungkin Anda sering melihat orang berolahraga sambil mendengarkan musik, seperti saat berlari atau olahraga di gym. Cara itu ternyata bermanfaat bagi tubuh.

Apa yang terjadi? Sebuah penelitian menemukan, saat mendengarkan musik, otak melepaskan bahan kimia opioid, yang dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan rasa sakit alami pada tubuh. Bahan kimia tersebut termasuk dalam kelompok obat-obatan seperti heroin dan morfin.

Peneliti Daniel Levitin dari McGill University di Kanada membuktikannya ketika melihat bahwa sinyal opioid di otak juga terblokir jika konsumsi obat yang disebut Naltrexone, yakni obat yang biasa digunakan untuk mengobati pecandu narkoba.

Bahan kimia lain di otak yang dihasilkan saat mendengarkan musik adalah dopamin. Pelepasan bahan kimia tersebut, dapat memberikan efek kesenangan saat berolahraga.

Untuk itu, peneliti menyarankan agar mendengarkan musik saat berolahraga bisa lebih sering dilakukan. Dengarkanlah musik yang Anda suka.

Robin Dunbar dari Oxford University sebelumnya juga telah memberikan bukti lebih lanjut mengenai peran opioid saat mendengarkan musik. Menurut Dunbar, ikut bernyanyi, menari, atau bermain musik dapat membuat rasa nyeri lebih berkurang dibanding hanya mendengarkannya.

Sejumlah kelompok pemain drum, pernah membuktikan dengan bermain drum dapat meningkatkan suasana hati jadi lebih baik dan mengurangi stres di kalangan orangtua, profesional kesehatan, dan pekerja kantoran.

Musik juga dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dan bisa mengembalikan sedikit memori pada beberapa orang yang menderita Alzheimer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com