Kompas.com - 02/09/2015, 17:00 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Kacang-kacangan memang termasuk dalam bahan pangan sehat dan sumber protein nabati. Tetapi, kacang terutama kacang tanah yang sudah berjamur sebaiknya tidak dikonsumsi lagi karena bersifat karsinogenik atau memicu kanker.

Jamur pada kacang tanah atau dikenal dengan nama Aspergillus flavus diketahui menghasilkan racun yang disebut alfatoksin.

Menurut Medical Information Senior Manager PT.Kalbe Farma, dr.Kupiya Timbul Wahyudi, tindakan pencucian tidak bisa menghilangkan jamur pada kacang tanah.

"Belum ada risetnya apakah kalau digoreng jamurnya juga mati. Tapi lebih baik kacang yang sudah jamuran jangan dipakai," katanya dalam acara media edukasi mengenai kanker di Jakarta (2/9/15).

Walau demikian, menurutnya jika hanya dikonsumsi sesekali tidak apa-apa. "Untuk bisa menjadi kanker, paparan bahan karsinogenik perlu jumlah yang banyak dan terus-menerus," ujarnya.

Dari berbagai tata laksana kanker, yang paling penting adalah pencegahan. Oleh sebab itu menurut Kupiya untuk menghindari kanker liver, salah satu yang perlu dilakukan adalah menghindari pemicunya.

Faktor risiko kanker hati lainnya adalah gaya hidup tidak sehat, merokok, infeksi hepatitis B, serta gizi yang buruk.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kanker hati digolongkan penyakit yang serius, di antaranya karena adanya gangguan pada fungsi hati, seperti mencerna lemak dan protein, menetralkan racun dari dalam tubuh, serta membantu mengontrol penggumpalan darah.


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X