Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/09/2015, 19:05 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Boldsky
KOMPAS.com - Kesehatan mata dapat dipengaruhi oleh konsumsi makanan tertentu. Tak hanya wortel, ternyata ada beberapa makanan yang baik untuk organ penglihatan itu.

Ada yang bermanfaat untuk menjaga penglihatan tetap baik, mencegah mata kering, hingga katarak. Berikut 6 makanan yang baik untuk kesehatan mata seperti dikutip dari Boldsky.

1. Sayuran hijau
Sayuran hijau mengandung lutein dan zeaxanthin. Keduanya merupakan bentuk antioksidan yang mampu mengurangi katarak. Sayuran hijau adalah salah satu makanan terbaik untuk kesehatan mata.

2. Telur
Mungkin tak pernah terbayangkan oleh Anda bahwa telur juga baik untuk kesehatan mata. Telur kaya akan lutein, zeaxanthin, dan seng. Kandungan tersebut dalam mengurangi degenerasi makula dan katarak.

3. Jagung
Anda mungkin juga bertanya-tanya mengapa jagung masuk dalam kategori makanan yang menyehatkan mata. Perlu diketahui, ketika jagung dimasak dalam waktu cukup lama, dapat meningkatkan jumlah lutein antioksidan.

4. Kismis hitam
Kismis hitam mengandung banyak anthocyanin yang merupakan antioksidan. Kandungannya juga memiliki sifat anti inflamasi. Pakailah minyak kismis hitam dalam memasak untuk meningkatkan kesehatan mata.

5. Jeruk
Buah yang kaya akan vitamin C ini merupaka makanan terbaik untuk mata Anda. Vitamin C membantu meningkatkan kesehatan jaringan mata sehingga menjaganya tetap sehat.

6. Almond
Almond merupakan makanan yang kaya akan vitamin E. Konsumsi almond dapat memperlambat degenerasi makula. Degenerasi makula merupakan penyakit mata seiring bertambahnya usia seseorang. Penyakit serius pada retina mata ini membuat penglihatan kabur atau kurang jelas.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com