Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Makanan Manis Menurunkan Imunitas? Ini Penjelasan Ahli...

Kompas.com - 11/07/2024, 19:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Makanan manis atau tinggi gula dapat menurunkan imunitas, jika dikonsumsi secara berlebihan.

Lemahnya daya tahan tubuh akibat kebiasaan mengonsumsi makanan manis membuat seseorang lebih rentan terserang penyakit, terutama pada musim pancaroba ini.

“Yang dapat menekan daya tahan tubuh antara lain makanan yang tinggi gula,” kata Fitri Hudayani, ahli gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, seperti dikutip dari Antara, Kamis (11/7/2024).

Baca juga: Makanan Manis Berlebihan Picu Penyakit Jantung, Kok Bisa?

Fitri melanjutkan, makanan manis, seperti kue atau minuman bersoda dapat mengurangi kemampuan sel melawan bakteri sehingga seseorang lebih mudah mengalami gangguan kesehatan.

Dikutip dari Yankes Kemkes, mengonsumsi makanan manis bisa mengakibatkan kenaikan asam lambung. Jika kondisi ini sering terjadi, seseorang akan mengalami iritasi hingga radang tenggorokan.

Makanan manis juga mengakibatkan masalah gigi dan mulut karena menghasilkan asam yang dapat membentuk plak serta karies.

Kemudian selain gula, makanan mengandung lemak tinggi khususnya lemak jenuh, tinggi natrium atau garam berlebih juga bisa menurunkan daya tahan tubuh di musim pancaroba.

Garam dan lemak jenuh dapat mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh, dan juga menyebabkan rasa haus jika dikonsumsi saat cuaca panas. Selain itu lemak juga dapat membuat tubuh lebih rentan terhadap penyakit.

Baca juga: Kenapa Makanan Manis Bikin Ketagihan? Berikut Penjelasannya...

Tips menjaga kesehatan di musim pancaroba

Fitri menyampaikan beberapa tips menghadapi musim yang tidak menentu, yaitu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan sehat dari sayur atau buah.

“Kita harus memperhatikan kesehatan tubuh kita salah satunya dengan menjaga daya tahan tubuh dengan mengonsumsi makanan yang sehat khususnya sumber vitamin mineral yang bisa berasal sayur dan buah-buahan,” katanya.

Sayur dan buah mempunyai kandungan mineral yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain sayur dan buah, Fitri juga menyarankan untuk mengonsumsi air yang cukup setidaknya dua liter per hari agar imunitas tetap terjaga.

Minum air dingin saat cuaca panas boleh-boleh saja dilakukan, mengingat manfaatnya untuk menghilangkan dahaga dan mengembalikan suhu tubuh setelah terkena sengatan panas seharian.

Meski demikian, hindari minuman kemasan atau yang mengandung pemanis. Usahakan untuk mengonsumsi air mineral dingin atau jus buah tanpa gula.

Baca juga: 7 Bahaya Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Manis

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau