Kompas.com - 16/10/2015, 11:34 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Bentuk tubuh seseorang bukan hanya berdampak pada penampilan keseluruhan, melainkan juga kesehatannya. Pada kaum wanita, mereka yang memiliki bentuk tubuh "buah pir" memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe 2.

Distribusi lemak dan struktur tulang seseorang bisa menentukan bentuk tubuh wanita. Wanita dengan akumulasi lemak di bagian pinggul dan bagian pinggul lebih lebar di banding seluruh tubuh sering disebut bentuk tubuh buah pir.

Meski wanita bertubuh pir tampak gemuk, tetapi hasil studi menunjukkan bahwa mereka yang memiliki bentuk tubuh ini lebih rendah kemungkinannya terkena diabetes. Mereka juga mengalami pemulihan lebih cepat setelah operasi bariatrik (pengangkatan lemak pada orang obesitas).

Menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal American Society of Human Genetics, wanita bertubuh pir mengandung varian genetik KLF14. Gen ini mengatur ratusan gen lain untuk menentukan di mana lemak harus disimpan. Versi yang berbeda dari varian ini membuat fungsi sel berbeda dan berpengaruh pada ukuran pinggulnya. Variasi gen ini diwariskan dari pihak ibu dan efeknya berbeda pada laki-laki.

Selain adanya variasi gen, menurut Peter LePort, direktur medis pusat kedokteran obesitas, ada penjelasan evolusi sederhana bahwa wanita bertubuh pir mampu menangkal diabetes tipe 2 sejak jutaan tahun lalu dibanding bentuk tubuh yang lain. Namun, dugaan ini masih harus dibuktikan lewat penelitian. (Muthia Zulfa)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Shine

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.