Kompas.com - 17/10/2015, 12:00 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Lensa kontak menjadi alternatif pilihan bagi mereka yang memiliki rabun jauh tapi tidak suka memakai kaca mata. Sayangnya, banyak kebiasaan salah yang dilakukan para pengguna lensa kontak.

Dalam sebuah studi yang dilakukan Center for Disease Control and Prevention diketahui, 99 persen pemakai lensa kontak merasa bersalah karena kebiasaan yang kurang higienis.

Pada dasarnya memang mayoritas pengguna lensa kontak sadar kebiasaannya salah dan bisa menyebabkan infeksi. Tetapi kebiasaan itu masih diteruskan karena belum ada efek negatif yang dialami.

Jangan tunggu sampai ada gangguan pada mata, segeralah ubah kebiasaan buruk berikut ini saat memakai lensa kontak.

- Tidur memakai lensa kontak
Lensa kontak adalah penghambat kornea mata untuk mendapat oksigen sehingga sel di permukaan pecah.

"Saat kita terpejam untuk tidur, kita menciptakan lingkungan yang hangat, gelap, lembab dan oksigen minim, kondisi yang disukai bakteri dan jamur," kata Keith Walter, dokter mata.

 - Malas membuang cairan pembersih
Banyak orang yang sering malas membuang cairan (solution) pembersih di tempat lensa kontak saat kita sedang memakai lensa tersebut. Di tambah lagi, kita langsung menambahkan solution tanpa membuang cairan yang ada sebelumnya.

Kebiasaan tersebut bisa membuat kekuatan cairan untuk membersihkan kuman atau kotoran yang menempel di lensa kontak jadi berkurang.

- Mencuci di air keran
Jangan pernah mencuci lensa kontak di air keran. Air tersebut bisa saja mengandung amuba penyebab infeksi mata dan menyebabkan peradangan pada kornea. Akibat paling buruk dari infeksi tersebut adalah luka parut dan kehilangan penglihatan.

Hanya satu cairan yang boleh dipakai untuk lensa kontak, yakni cairan pembersih khusus atau solution disinfektan. Jadi, jika kebetulan lensa kontak Anda terlepas atau terjatuh saat Anda menggosok mata namun tidak membawa cairan pembersih, buang saja lensa kontak itu.

- Memakai lensa yang sama terlalu lama
Apa pun jenis lensa kontak Anda, harian, mingguan, atau bulanan, hanya gunakan sesuai waktu yang ditetapkan.

Memakai lensa kontak lebih lama dari yang seharusnya bisa menyebabkan iritasi, infeksi, bahkan luka di kornea.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber Menshealth
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.