Omega 3 dan Omega 6, Lemak Baik yang Penting untuk Dikonsumsi

Kompas.com - 10/11/2015, 18:22 WIB
Ikan salmon ShutterstockIkan salmon
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com – Kebanyakan masyarakat menganggap lemak merupakan sesuatu yang buruk yang harus dihindari. Lemak dianggap bisa menyebabkan kegemukan dan menimbulkan berbagai penyakit.

Namun, tak semua lemak berefek buruk pada tubuh, seperti omega 3 dan omega 6.

Menurut Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof. Dr. Ir. H. Hardinsyah, MS, omega 3 dan omega 6 merupakan jenis lemak tak jenuh ganda yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Sehingga, jenis lemak ini, sangat penting bagi tubuh.

“Jenis lemak ini penting sekali bagi tubuh, apalagi untuk tumbuh kembang anak. Karena, merupakan pembentuk jaringan dan sel tubuh,” ujarnya di acara Kerjasama Blue Band dan TP PKK DKI Jakarta (10/11).

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa omega 3 yang sangat penting ini nyatanya hanya dikonsumsi sebanyak 39% dari rekomendasi WHO. Padahal, selain penting untuk mendukung pertumbuhan optimal anak, omega 3 dan 6 ini banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

“Mengonsumsinya dapat membuat rambut dan kulit menjadi berkilau, mata bersinar, bisa meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat, penting untuk kualitas jantung yang baik, hingga baik untuk hormon kewanitaan dan kejantanan,” Prof. Hardinsyah menjelaskan.

Omega 3 dan omega 6 bisa didapat dari berbagai sumber makanan, mulai dari ikan salmon, ikan tuna, minyak sawit, telur, tempe, tahu, sayuran hijau, alpukat, dan margarin yang mengandung omega 3 dan omega 6.

Prof. Hardinsyah menambahkan, untuk makanan dengan kandungan omega 3 dan omega 6 nya tinggi, tapi harganya mahal seperti tuna dan salmon, bisa digantikan dengan mengonsumsi belut. (Gibran Maulana)

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X