Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iyengar Yoga, Berbagai Manfaatnya untuk Kesehatan

Kompas.com - 14/12/2015, 20:19 WIB

KOMPAS.com - Iyengar yoga adalah salah satu aliran yoga yang dikembangkan oleh Bellur Krishnamachar Sundararaja Iyengar dari India. Di usia 18 tahun, Iyengar mulai menjadi guru yoga. Ia menyebut setiap praktik gerakan yoga dengan “art and science”.  Hingga saat ini Iyengar yoga sudah diajarkan di lebih dari 70 negara.

"Dunia Barat tahu yoga karena Iyengar. Ia mengembangkan gaya yoga untuk orang-orang biasa. Dia memperkenalkan alat peraga sederhana dan alat bantu seperti tali, selimut, dinding untuk memudahkan orang untuk membuat mudah bagi massa, "kata Yogi Santatmananda Saraswati dari Swami Dayananda Ashram, di Rishikesh, pada saat kematiannya tahun lalu.

Iyengar yoga menekankan ketepatan dan keselarasan fisik tubuh. Dengan bergerak untuk mencapai keselarasan sempurna dalam setiap pose, belajar yoga Iyengar bertujuan untuk menciptakan keseimbangan dalam tubuh dan pikiran.

Selain membantu memperoleh fleksibilitas dan kekuatan tubuh, Iyengar yoga juga dipercaya dapat berguna untuk mengelola kondisi kesehatan tertentu.

Yang unik dari Iyengar yoga adalah penggunaan alat peraga seperti blok, bantal, kursi, dan guling. Alat peraga ini untuk membantu mencapai keselarasan sempurna dalam setiap pose.

Dalam Iyengar yoga pose-pose juga dilakukan dalam urutan tertentu untuk memaksimalkan manfaat menguntungkan bagi tubuh.

Sebagai bukti, hasil penelitian menunjukkan bahwa berlatih Iyengar yoga dapat menghasilkan berbagai manfaat kesehatan tertentu. Berikut ini adalah hasil beberapa temuan studi:


1.       Osteoarthritis

Dalam sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2005, para ilmuwan menemukan bahwa Iyengar  yoga dapat mengurangi rasa sakit pada orang dengan osteoarthritis lutut.

Penelitian ini melibatkan 11 yoga pemula dengan osteoarthritis, semuanya ditugaskan untuk delapan minggu pelatihan Iyengar yoga (melibatkan satu sesi 90 menit setiap minggu).

Selain mengalami penurunan yang signifikan dalam nyeri, tujuh peserta yang menyelesaikan studi menunjukkan penurunan kekakuan sendi dan perbaikan dalam fungsi.


2.      
Sakit punggung

Iyengar yoga dapat mengurangi rasa sakit, meningkatkan fungsi, dan menghilangkan depresi yang terjadi pada orang dewasa dengan nyeri punggung kronis, menurut sebuah studi 2009.

Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 43 pasien yang diminta melakukan Iyengar yoga setiap dua mingga selama enam bulan merasakan pengurangan yang signifikan dalam intensitas nyeri hingga depresi, dibandingkan dengan 47 peserta studi yang hanya menerima perawatan medis.

Selain itu, ada pengurangan penggunaan obat penghilang rasa sakit pada peserta yang melakukan Iyengar yoga, selama masa penelitian.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com