Kompas.com - 06/01/2016, 12:00 WIB
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Penyebab wanita hamil mengalami keguguran sering kali tidak diketahui dengan pasti. Ada sejumlah faktor, seperti infeksi atau pengentalan darah yang memang bisa memicu keguguran, tapi lebih banyak yang tidak bisa dijelaskan.

Di Denmark, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang mengonsumsi obat infeksi anti-jamur untuk keputihan beresiko mengalami keguguran.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of American Medical Association ini dilakukan dengan melibatkan satu juta wanita hamil di Denmark. Peneliti membandingkan wanita hamil yang mengonsumsi Flukonazol, yaitu obat anti-jamur, dengan wanita hamil yang tidak mengkonsumsi Flukonazol.

Hasilnya, wanita hamil yang mengonsumsi Flukonazol pada enam bulan pertama kehamilan, lebih berisiko 50 persen mengalami keguguran. Wanita hamil yang minum obat infeksi jamur dalam dosis tinggi juga memiliki risiko lebih besar.

Infeksi jamur rentan dialami wanita saat hamil karena terjadi perubahan hormonal. Menurut peneliti, dokter pun kini harus hati-hati dalam memberikan resep obat anti-jamur itu.

Badan Pengawas Obat dan Makanan di Amerika Serikat tahun 2011 pun menyatakan bahwa dosis tinggi obat anti-jamur pada awal kehamilan berisiko melahirkan bayi yang cacat.

Namun, menurut dokter obstetri dan ginekologi, Scott Sullivan, studi terbaru belum bisa membuktikan bagaimana risiko keguguran disebabkan oleh konsumsi Flukonazol. Hanya saja, dokter memang harus berhati-hati meresepkan obat-obatan oral pada 12 minggu pertama kehamilan.

"Itu artinya kita perlu lebih banyak data dan penelitian," kata Scott, seorang profesor di Medical University of South Carolina itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Sumber foxnews
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.