Kompas.com - 14/01/2016, 09:05 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Makanan favorit Anda mungkin saja berbahaya jika dikonsumsi bersamaan dengan beberapa jenis obat atau suplemen tertentu. Simak lima interaksi makanan dan obat yang bisa membahayakan kesehatan Anda di bawah ini.

Karena daftar ini bukan daftar yang lengkap, sebaiknya setiap kali harus mengonsumsi jenis obat tertentu,  Anda berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai makanan atau minuman apa yang harus dihindari.

 

Jeruk keprok (grapefruit)

Meskipun tergolong makanan sehat, jeruk keprok dapat  mengubah fungsi enzim tertentu di dalam sistem pencernaan yang berfungsi mengolah beberapa jenis obat.

Hati-hati jika Anda sedang minum obat statin. Golongan obat statin seperti simvastatin, atorvastatin dan pravastatin digunakan untuk menurunkan kolesterol.

Makan atau minum sejumlah besar jeruk keprok, bersamaan atau  beberapa jam sebelum atau sesudah mengonsumsi statin, dapat mempercepat timbuknya efek samping, atau pada kasus yang berat, mengakibatkan kerusakan organ.

Jeruk keprok dapat meningkatkan kadar statin di dalam tubuh, dan akhirnya dapat menyebabkan kerusakan hati atau kerusakan otot yang dapat mengakibatkan gagal ginjal. Akan lebih aman bagi Anda untuk tidak mengonsumsi jeruk ini sama sekali saat minum obat Statin.

Namun, jika Anda begitu menyukai jus jeruk keprok dan tidak bisa hidup tanpanya, tanyakan kepada dokter cara mengonsumsinya yang aman.

Tidak semua jenis obat statin dipengaruhi oleh jeruk ini.  Beberapa jenis obat lain juga dapat menimbulkan interaksi yang berbahaya jika dikonsumsi bersamaan atau berdekatan dengan jeruk keprok, contohnya (namun tidak terbatas pada ini) nifedipine yang merupakan obat tekanan darah, obat penenang buspirone dan antihistamin fexofenadine.

 

Vitamin K dan bawang putih

Halaman:

Video Pilihan

Sumber dr oz
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.