Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/01/2016, 18:54 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber BOLDSKY

KOMPAS.com – Berjalan kaki merupakan aktivitas fisik yang sangat mudah dilakukan untuk semua usia. Aktivitas fisik ini sangat dianjurkan untuk orang lanjut usia. Manfaat kesehatan akan Anda dapatkan dengan rutin berjalan kaki.

Namun, kali ini cobalah berjalan kaki tanpa alas kaki di rumput, tanah, pasir maupun bebatuan alam.  Bagi masyarakat perkotaan, bertelanjang kaki mungkin hanya dilakukan saat berada di rumah. Sayangnya, lantai di rumah dilapisi ubin atau keramik.

Anda akan mendapat manfaat lebih ketika kaki kontak langsung dengan alam. Menurut penelitian, berjalan kaki tanpa alas kaki dapat membuat Anda merasa lebih terhubung dengan bumi, merasa lebih stabil, dan sirkulasi di kaki akan berjalan lancar.

Berikut beberapa manfaat berjalan tanpa alas kaki seperti dikutip dari Boldsky.com.

1. Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Beberapa pendapat  mengatakan, saat berjalan tanpa sepatu, kaki akan mendapat efek antioksidan.

2. Sebuah penelitian menunjukkan, bertelanjang kaki bisa mengurangi stres dan membuat suasana hati lebih bahagia. Peneliti pernah membandingkan orang-orang yang suka berjalan tanpa alas kaki dan tidak. Hasilnya, mereka yang sering berjalan tanpa alas kaki tidak mudah stres dan mencegah depresi.

3. Memiliki insomnia atau gangguan tidur? Cobalah berjalan tanpa alas kaki di atas rumput, bebatuan, atau tanah. Pijakan kaki ke alam dapat mengurangi kadar kortisol dan dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

4. Sejumlah penelitian menemukan bahwa kontak kaki langsung dengan rumput hingga tanah dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh. Menurut penelitian, perbaikan jaringan dalam tubuh akan bekerja lebih baik ketika kaki menyentuh langsung ke alam.

5. Penelitian lain juga mengungkapkan bahwa berjalan tanpa alas kaki bisa mengurangi risiko  penyakit kardiovaskular. Manfaat lainnya juga meminimalkan kembung, sakit kepala, dan kelelahan.

6. Dari sejumlah manfaat yang ada, berjalan kaki tentu dapat membantu menurunkan berat badan Anda. Kegiatan berjalan kaki akan lebih menyenangkan ketika Anda melakukannya di atas rumput.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com