Kompas.com - 05/02/2016, 20:45 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Berbeda dengan nyamuk jenis lain yang lebih banyak berkeliaran pada malam hari, nyamuk aedes aegypti lebih suka berkeliaran di siang hari, selama kurang lebih dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. 

Nyamuk aedes aegypti jantan hanya makan dari buah. Sedangkan nyamuk betinanya, selain makan dari buah, juga mengisap darah untuk perkembangan telurnya. 

Virus dengue yang menjadi penyebab demam berdarah berada di dalam kelenjar ludah nyamuk. Ketika nyamuk betina mengisap darah, dia menyuntikkan air liur ke dalam luka gigitan. Di sinilah kemudian berpindah tempat, dari air liur nyamuk ke dalam tubuh kita.

Nyamuk ini mendapat virus setelah dia menggigit korbannya yang sudah terinfeksi virus dengue. Kemudian dia menggigit orang lain dan terjadilah penularan.

Setelah inkubasi virus selama delapan sampai sepuluh hari, nyamuk yang terinfeksi mampu menjadi pembawa virus selama sisa hidupnya.

Masih belum diketahui apakah nyamuk yang membawa virus dengue, juga dapat menularkan virusnya ke anak-anak mereka dengan transovarial atau transmisi telur.

Manusia yang terinfeksi virus dengue adalah pembawa dan pengganda virus yang utama. Virus beredar dalam darah manusia yang terinfeksi selama dua sampai tujuh hari, kira-kira sama lamanya dengan jangka waktu demam yang penderita DBD alami. 

Nyamuk aedes yang tidak atau belum terinfeksi, kemudian menggigit manusia yang terinfeksi, di sinilah kemudian Si Nyamuk ikut terinfeksi dan dapat menularkan virus ke manusia lain.

Di Asia Tenggara dan Afrika, siklus penularan juga melibatkan primata hutan yang bertindak sebagai reservoir virus.

Nyamuk Aedes lebih suka berkembang biak di genangan atau wadah berisi air, biasanya dekat dengan tempat tinggal manusia. Meskipun paling aktif pada siang hari, nyamuk Aedes aegypti akan makan sepanjang hari saat berada di dalam ruangan dan saat cuaca sedang mendung.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.