Kompas.com - 14/02/2016, 17:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Hari Valentine mungkin segera berlalu, namun Anda bisa merayakan kasih sayang kapan saja. Bila Anda berencana untuk merayakan hari penuh kasih bersama dengan orang yang istimewa, jangan lupa perhatikan juga kesehatan Anda dan pasangan. Berikut beberapa tip merayakan hari istimewa dengan cara sehat.

Berwisata dengan penuh persiapan
Terpikir untuk menikmati sebuah liburan romantis? Bersiaplah untuk mencari lokasi terbaik sekaligus rencanakan untuk tetap sehat sepanjang hingga sepulang perjalanan.

Mencari tahu kabar kesehatan terbaru di tempat tujuan wisata Anda akan membuat Anda lebih siap dalam “menangkal” sakit, seperti, apakah vaksin diperlukan? Apakah ada produk khusus yang perlu dibawa seperti tabir surya atau obat nyamuk? Apakah memiliki cukup cadangan obat yang dibutuhkan?


Tak berlebihan
Misalnya, saat Anda minum alkohol, minumlah dalam jumlah yang cukup. Pasalnya, mengonsumsi alkohol secara berlebihan memiliki efek langsung yang membahayakan kesehatan. Bahkan masuk dalam penyebab utama kematian ketiga di dunia yang sebenarnya dapat dicegah.

Sebisa mungkin jangan mengendara saat mengonsumsi alkohol atau membiarkan orang lain minum dan mengendara. Termasuk wanita yang sedang hamil atau mencoba untuk hamil, sebaiknya tidak minum alkohol.

Berhati-hati dalam melakukan aktivitas
Jika Anda mempertimbangkan untuk melakukan aktivitas yang berisiko atau tidak aman, pastikan untuk menggunakan peralatan keselamatan yang tepat, termasuk sabuk pengaman, rompi keselamatan, dan helm untuk membantu mencegah cedera.

Walaupun Anda hanya memutuskan untuk memasak makan malam romantis dengan menyalakan lilin, sebaiknya tidak meninggalkan api menyala tanpa pengawasan.

Juga perlu diingat, wanita lebih mungkin menjadi korban kekerasan seksual, termasuk oleh pasangannya, ketimbang laki-laki. Minum alkohol dan penggunaan obat-obatan meningkatkan kemungkinan yang lebih besar terjadinya kekerasan.


Jaga kesehatan jantung

Selain untuk merayakan hari kasih sayang, hari Valentine bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengambil langkah-langkah untuk menjadikan jantung Anda lebih sehat.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.