Kompas.com - 03/03/2016, 07:15 WIB
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com - Minum infused water yang berisi jeruk lemon menjadi ritual banyak orang untuk menurunkan berat badan. Kabar buruknya, sebenarnya belum ada bukti yang menyatakan air lemon bisa membakar kalori.

Pada dasarnya tidak ada minuman yang bisa menjadi cara instan untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, ada beberapa jenis minuman yang sudah diketahui membantu tubuh membakar kalori.

Berikut adalah minuman yang lebih efektif dari air lemon untuk membantu upaya penurunan bobot tubuh.

1. Kopi
Minuman kopi bisa disebut sebagai minuman energi alami. Penelitian menunjukkan, minum dua cangkir kopi sebelum berolahraga bisa membuat kita berlatih lebih lama dan lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.

Berlatih lebih lama bisa membantu kita membakar kalori lebih banyak. Tetapi, ingatlah bahwa minuman kopi yang direkomendasikan adalah kopi hitam tanpa tambahan krim dan gula.

2. Air
Minuman dingin ternyata bisa membuat tubuh membakar energi sedikit lebih banyak. Jadi, sempurnakan makanan rendah kalori Anda dengan segelas air es.

3. Teh hijau
Teh hijau bukan hanya bebas kalori, tapi juga bisa membantu membakar lemak. Dalam penelitian, responden yang minum empat cangkir teh hijau seteiap hari selama dua bulan berhasil menurunkan 2,7 kilogram lebih banyak dibanding orang yang minum air.

Pilihlah teh hijau hangat tanpa tambahan apa pun. Minuman kemasan teh hijau pada umumnya mengandung banyak gula dan kadar antioksidannya lebih sedikit. Selain itu sebaiknya hindari suplemen teh hijau karena dapat memicu kerusakan liver.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.