Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minuman yang Lebih Efektif dari Air Lemon untuk Bakar Kalori

Kompas.com - 03/03/2016, 07:15 WIB
KOMPAS.com - Minum infused water yang berisi jeruk lemon menjadi ritual banyak orang untuk menurunkan berat badan. Kabar buruknya, sebenarnya belum ada bukti yang menyatakan air lemon bisa membakar kalori.

Pada dasarnya tidak ada minuman yang bisa menjadi cara instan untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, ada beberapa jenis minuman yang sudah diketahui membantu tubuh membakar kalori.

Berikut adalah minuman yang lebih efektif dari air lemon untuk membantu upaya penurunan bobot tubuh.

1. Kopi
Minuman kopi bisa disebut sebagai minuman energi alami. Penelitian menunjukkan, minum dua cangkir kopi sebelum berolahraga bisa membuat kita berlatih lebih lama dan lebih kuat dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.

Berlatih lebih lama bisa membantu kita membakar kalori lebih banyak. Tetapi, ingatlah bahwa minuman kopi yang direkomendasikan adalah kopi hitam tanpa tambahan krim dan gula.

2. Air
Minuman dingin ternyata bisa membuat tubuh membakar energi sedikit lebih banyak. Jadi, sempurnakan makanan rendah kalori Anda dengan segelas air es.

3. Teh hijau
Teh hijau bukan hanya bebas kalori, tapi juga bisa membantu membakar lemak. Dalam penelitian, responden yang minum empat cangkir teh hijau seteiap hari selama dua bulan berhasil menurunkan 2,7 kilogram lebih banyak dibanding orang yang minum air.

Pilihlah teh hijau hangat tanpa tambahan apa pun. Minuman kemasan teh hijau pada umumnya mengandung banyak gula dan kadar antioksidannya lebih sedikit. Selain itu sebaiknya hindari suplemen teh hijau karena dapat memicu kerusakan liver.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com