Kompas.com - 14/03/2016, 19:01 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Siang ini kebakaran terjadi di salah satu ruangan di Rumah Sakit Angkatan Laut (AL) Mintohardjo, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2016) pukul 13.00 WIB. Akibatnya, empat orang meninggal dunia.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL Laksamana Pertama Zainudin mengungkapkan, kebakaran di Rumah Sakit Angkatan Laut Mintohardjo berawal dari percikan api di salah satu alat di rumah sakit.

Zainudin melanjutkan, percikan api berawal dari alat bernama chamber. Chamber merupakan alat untuk pengobatan hiperbarik oksigen. Salah satu fungsinya adalah mendukung kebugaran.

Apa itu terapi oksigen hiperbarik?

Terapi oksigen hiperbarik adalah salah satu cara pengobatan dengan menghirup oksigen murni dalam ruang udara bertekanan tinggi lebih dari 1 Atmosfer Absolut.

Terapi ini umumnya ditujukan untuk penyakit penyelaman dan terapi tambahan pada berbagai penyakit klinis, seperti infeksi serius, adanya gelembung udara dalam pembuluh darah, luka akibat diabetes yang sulit sembuh, hingga cedera radiasi.

Dalam ruang terapi oksigen hiperbarik, tekanan udara meningkat hingga tiga kali lebih tinggi dari tekanan udara normal. Dengan kondisi tersebut, paru-paru dapat mengumpulkan lebih banyak oksigen murni yang dihirup, ketimbang jika menghirupnya dalam tekanan udara normal.

Aliran darah akan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Inilah yang kemudian akan melawan bakteri dan merangsang pelepasan zat yang disebut sel induk, yang selanjutnya akan merangsang penyembuhan.

Mengapa terapi oksigen hiperbarik diperlukan?

Jaringan tubuh membutuhkan pasokan oksigen yang cukup untuk dapat berfungsi dengan baik. Ketika jaringan terluka, maka akan membutuhkan lebih banyak oksigen untuk bertahan hidup.

Dengan adanya peningkatan oksigen dalam darah akan mengembalikan tingkat  normal gas dalam darah dan fungsi jaringan untuk mempercepat penyembuhan dan melawan infeksi.

Ada beberapa kondisi medis yang bisa diobati dengan terapi oksigen hiperbarik. Dokter Anda mungkin akan menyarankan terapi ini, jika Anda memiliki salah satu dari kondisi berikut:

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.