Kompas.com - 19/05/2016, 09:28 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

JAKARTA, KOMPAS.com – Hipertensi atau tekanan darah tinggi, yaitu ketika tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg. Jika sudah terkena hipertensi dan tekanan darah sering tidak terkontrol, bisa menyebabkan masalah pada pembuluh darah di seluruh tubuh.

Ketua Perhimpunan Hipertensi Indonesia, Dr.  dr. Yuda Turana, SpS mengatakan, tekanan darah yang tidak terkontrol menjadi faktor risiko kerusakan di semua organ tubuh.

“Yang mengerikan banyak yang enggak terdiagnosis hipertensi. Baru tahu hipertensi pas sudah terkena stroke, jantung, dan lainnya. Sebanyak 50 persen orang dengan hipertensi juga punya dua penyakit lain,” kata Yuda dalam diskusi di kantor Perhimpunan Kardiolgi Indonesia, Jakarta, Rabu (18/5/2016).

Tekanan darah yang tinggi tersebut bisa menyerang pembuluh darah di otak hingga organ-organ penting lainnya. Berikut lima komplikasi yang bisa terjadi jika hipertensi tidak terkontrol.

 

Stroke

Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah di otak. Jaringan di otak bisa mengalami kerusakan karena berkurangnya aliran darah dan oksigen ke otak sehingga terjadilah stroke. Stroke bisa menyebabkan kelumpuhan.

 

Penyakit jantung

Salah satu faktor risiko tertinggi dari penyakit jantung adalah hipertensi. Tekanan darah tinggi memaksa otot jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Hal ini bisa menyebabkan gagal jantung.

 

Gagal ginjal

Tekanan darah yang tinggi juga menyebabkan pembuluh darah di ginjal tertekan dan mengalami kerusakan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.