Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media Sosial Mengaktifkan Otak Seperti Saat Makan Cokelat

Kompas.com - 02/06/2016, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Eksis di media sosial, misalnya saja Instagram atau Facebook, kini menjadi "prestasi" bagi orang-orang muda. Apalagi kalau apa yang kita unggah disukai banyak orang.

Apa yang terjadi di otak ketika kita sibuk berselancar di media sosial, ternyata mirip dengan aktivitas otak saat kita mengonsumsi cokelat. Kedua aktivitas itu sama-sama memicu bagian otak yang terkait dengan ganjaran (reward).

Kesimpulan itu dihasilkan dari penelitian yang dilakukan tim dari Universitas California, Los Angeles, terhadap para remaja saat mereka menggunakan media sosial.

Sebanyak 32 remaja dilibatkan dalam penelitian yang dilakukan oleh Lauren Sherman ini. Selama 12 menit, tim peneliti menunjukkan 148 foto, termasuk 40 foto yang sudah para remaja itu posting.

Sambil ditunjukkan foto-foto itu, para peneliti merekam aktivitas otak remaja menggunakan MRI.

Tidak mengejutkan ketika foto populer ditunjukkan, otak para remaja itu menyala seperti lampu. "Ketika foto mereka yang banyak mendapat 'likes' ditunjukkan, kami melihat aktivitas pada berbagai area otak," kata Sherman.

Bagian otak yang terkait dengan sistem ganjaran (reward) adalah yang paling aktif dalam percobaan tersebut. Area otak ini juga sangat aktif ketika kita mengonsumsi cokelat atau memenangkan uang.

Para peneliti juga mengamati aktivitas otak yang terkait dengan perhatian visual dan area yang disebut otak sosial, saat para responden melihat foto mereka mendapat banyak pujian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com